article-image

Sumber Gambar: Photo by Elianna Friedman on Unsplash

Bayam tumbuh pada ketinggian 1000-2000 mdpl, namun juga dapat ditanam pada ketinggian manapun dengan harus dengan kelembapan yang sesuai yaitu berkisar antara 40-60%, kemudian suhu berkisar antara 10-22°C, dan dengan pH 6-7. Media tanam bayam yaitu tanah yang memiliki kelembaban baik seperti tanah berpasir atau bisa juga tanah yang kaya akan bahan organic. Benih bayam tidak memiliki masa dormansi (istirahat), jadi benih yang dipanen sebenarnya sudah siap untuk langsung ditanam. Kepadatan tebar benih adalah 0,5-1 gram per meter persegi. Tahapan-tahapan penanaman bayam sebagai berikut :

  1. Pengolahan tanah dilakukan sebelum benih disebarkan di tanah, pengolahan tanah dilakukan dengan pemberian pupuk dasar. Dosis pupuk dasarnya yaitu urea 56 kg/ha SP36 250 kg/ha dan KCl 90 kg/ha. Untuk ukuran polibag 40*50 cm menggunakan urea 1,12 gr/polybag, SP36 sebanyak 5 gr/polybag, dan 1,8 gr/polybag KCl.

  2. Sebelum benih ditabur perlu dicampurkan dengan abu perbandingannya yaitu 1 bagian bernih : 10 bagian abu untuk peraburan benih. Hal ini dilakukan agar benih merata dan tidak bertumpuk-tumpuk.

  3. Benih kemudian ditutup tanah tipis secara merata dan disiram setiap pagi dan sore kecuali hujan.

  4. Pemeliharaan benih dilakukan pemberian pupuk susulan yaitu pada 3 MST yaitu 56 kg/ha urea dan 90 kg/ha KCl. . Untuk ukuran polibag 40*50 cm menggunakan urea 1,12 gr/polybag dan 1,8 gr/polybag KCl.

  5. Selanjutnya penggemburan dan pembersihan gulma dilakukan tiap 2 minggu setelah tanam.

  6. Setelah 3 Minggu Setelah Tanamkemudian bayam siap dipanen dengan cara mencabut keseluruhan tanaman atau memetik pada pucuk daun.

Hal yang harus diingat pada penanaman bayam ini adalah, bayam membutuhkan cahaya matahari penuh namun tetap dengan suhu idealnya yaitu 10-20°C, dan daun bayam jangan sampai terkena hujan terus menerus karena dapat mengakibatkan rusaknya daun bayam akibat dari rintikan hujan.

Jadi dari cara-cara penanaman yang telah dijelaskan diatas, bahwa penanaman bayam ini sangat mudah bukan ? selain mudah ditanam, bayam ini juga mempunyai banyak manfaat bagi Kesehatan tubuh dan juga sangat cepat dalam masa tanam-panen. Sehingga dalam kurang dari 1 bulan, bayam sudah dapat dikonsumsi. Sumber : Susila, A. 2006. Panduan Budidaya Tanaman Sayuran. IPB Press : Bo

Ingin tingkatkan panen? Download aplikasi Dokter Tania sekarang