article-image

Sumber Gambar: Sorin Gheorghita on Unsplash

Pertumbuhan dan perkembangan suatu tanaman pastinya memerlukan nutrisi dan unsur hara yang cukup yang dapat mendukung optimalnya suatu tanaman untuk tumbuh. Unsur hara ini biasanya didapatkan di tanah (berasal dari mediumnya), namun nutrisi yang didapatkan dari tanah ini saja tidak dapat mencukupi kebutuhan nutrisi tanaman tersebut. Akibatnya dibutuhkan pupuk lain yang dapat membantu sebagai penyediaan unsur tambahan yang diperlukan tanaman. Pupuk ini dapat berasal dari anorganik maupun organik. Seperti yang kita ketahui bahwa pupuk anorganik ini atau biasa yang disebut pupuk kimia, mempunyai kelebihan dan kekurangan dimana dalam jangka Panjang dapat merusak dan mendegradasi (mengurangi) kualitas tanah tersebut. Disinilah kita akan membahas kelebihan pupuk organik untuk tanah dan pertumbuhan tanaman.

Pupuk organik merupakan pupuk yang tersusun dari sisa makhluk hidup, seperti pelapukan sisa-sisa tanaman, dan hewan. Pupuk organik ini dapat berbentuk padat maupun cair yang digunakan untuk memperbaiki sifat fisik, kimia, dan biologi tanah. Kerusakan-kerusakan yang dialami oleh tanah akibat penggunaan pupuk kimia atau anorganik, dapat diatasi dengan menggunakan pupuk organik sebagai soil ameliorant atau perbaikan kualitas tanah lahan pertanian. Berikut kelebihan-kelebihan pupuk organik untuk tanah dan tanaman :

  1. Produktivitas lahan pertanian akan meningkat, akibat dari tersedianya kandungan bahan organik dan unsur hara yang menyediakan nutrisi dan perbaikan sifat kimia dan biologi tanah.
  2. Pupuk organik mempunyai unsur hara mikro yang juga dibutuhkan tanaman lebih lengkap dibandingkan dengan pupuk anorganik.
  3. Pupuk organik memberikan kehidupan untuk mikroorganisme tanah dalam dekomposisi bahan organik.
  4. Meningkatnya bahan organik, tanah akan semakin gembur dan semakin mudah dalam pengolahan tanah.
  5. Pupuk organik dalam melepas hara tanah sangat perlahan namun berlangsung secara terus menerus, hal ini dapat menghindari tanaman terjadi kelebihan supply hara yang dapat menyebabkan keracunan pada tanaman.
  6. Menjaga kelembaban tanah.
  7. Membantu dalam mencegah erosi lapisan atas tanah.
  8. Menajga dan merawat kesuburan tanah
  9. Pupuk organik juga memiliki kemampuan distribusi hara dalam bentuk partikel ion yang dapat mudah diserap oleh tanaman.
  10. Serta harga pupuk organik lebih murah karena berasal dari alam yang mudah didapat.

Hal diatas adalah kelebihan-kelebihan penggunaan pupuk organik yang sangat menguntungkan tanaman serta dapat memperbaiki kualitas tanah menjadi lebih kaya akan unsur hara, lebih gembur, dan bermanfaat dalam jangka waktu yang panjang. Oleh karena itu, penggunaan pupuk kimia atau anorganik dapat mulai dikurangi dan digantikan menggunakan pupuk organik yang lebih bagus dan baik serta murah dan juga bermanfaat untuk pertanian yang berkelanjutan.

Sumber : [Online] https://distan.sukabumikota.go.id/kelebihan-dan-kekurangan-pupuk-organik/ diakses pada hari Sabtu tanggal 24 Oktober 2020 pukul 16.40 WIB [Online] http://cybex.pertanian.go.id/mobile/artikel/80749/Manfaat-Penggunaan-Pupuk-Organik/ diakses pada hari Sabtu, tanggal 24 Oktober 2020 pukul 15.54 WIB

Ingin tingkatkan panen? Download aplikasi Dokter Tania sekarang