article-image

Sumber Gambar: Peangdao from Getty Images Pro

Baca Juga

Berkebun merupakan kegiatan yang saat ini sedang menjadi hobi banyak orang untuk mengisi waktu senggang. Terlebih lagi jika seseorang memiliki kebun yang luas, maka kesempatan untuk menanam jenis tanaman yang berbeda bisa lebih banyak. Ketika berkebun, kegiatan panen merupakan hal yang paling ditunggu. Namun, bagaimana caranya untuk dapat panen sayur secara cepat dengan berbagai jenis tanaman yang berbeda? Ternyata ada caranya sendiri, lho, Sobat Tania! Yuk kita bahas bersama.

Mengatur Waktu Semai Tanaman

Penyemaian adalah kegiatan memproses benih menjadi bibit. Kegiatan penyemaian ini diperlukan ketika benih terlalu kecil sehingga akan sulit untuk ditanam karena khawatir akan rentan hanyut atau hilang tergerus air. Mengatur waktu semai sangatlah penting jika Sobat Tania ingin memanen sayur setiap hari agar waktu panennya juga dapat diprediksi secara tepat. Mengatur waktu semai juga sangat penting karena pada dasarnya penyemaian diperlukan jika benih yang akan disemai membutuhkan waktu tertentu untuk berkecambah. Hal ini memungkinkan Sobat Tania untuk dapat panen dengan bibit tanaman yang unggul.

Mengatur Pola Tanam dan Pemilihan Varietas

Pola tanam merupakan usaha kegiatan tanam pada sebidang lahan dengan mengatur susunan tata letak dan juga urutan tanaman selama periode tertentu. Pemilihan varietas yang ditanam juga perlu dipertimbangkan karena harus disesuaikan dengan musim, ketersediaan air dan juga curah hujan. Mengatur pola tanam secara polikultur merupakan pilihan pola tanam yang tepat jika Sobat Tania ingin mendapatkan hasil panen yang beragam dalam waktu yang singkat. Selain itu, pola tanam polikultur juga dapat menambah kesuburan tanah sehingga hasil panen juga dapat lebih berkualitas. Pola tanam polikultur sendiri terbagi lagi menjadi beberapa jenis yaitu tumpang sari, tumpang gilir, tanaman bersisipan, tanaman campuran dan tanaman bergiliran. Menanam tanaman secara polikultur memungkinkan Sobat Tania untuk menanam jenis tanaman yang berbeda dalam satu waktu karena kedua tanaman memiliki perakaran yang berbeda. Sebagai contoh, pola tanam menggunakan sistem tumpang sari yang memungkinkan Sobat Tania menanam dua jenis atau lebih tanaman yang relatif seumuran. Penentuan jenis tanaman yang akan ditumpangsarikan harus disesuaikan dengan ketersediaan air, intensitas sinar matahari, kesuburan tanah dan juga potensi hama penyakit. Hal tersebut dilakukan agar tidak ada persaingan antar tanaman dalam perebutan unsur hara dan air dalam satu petak lahan.

Melakukan Penanaman Beda Waktu

Untuk melakukan antisipasi agar panen lebih cepat, Sobat Tania bisa melakukan waktu tanam lebih awal dibandingkan musim tanam yang seharusnya. Hal ini bisa disebut juga dengan rotasi tanaman di mana Sobat Tania menanam lebih dari satu jenis tanaman yang berbeda namun dalam waktu yang tidak bersamaan. Selain dapat mempercepat waktu panen, yang tentu saja disesuaikan dengan jenis varietas tanaman yang ada, Sobat Tania juga dapat mengurangi intensitas serangan hama dan penyakit pada tanaman karena jenis tanaman yang berbeda cenderung juga memiliki potensi serangan hama dan penyakit yang berbeda. Itulah beberapa cara yang bisa Sobat Tania aplikasikan jika ingin cepat panen sayuran. Selain itu, Sobat Tania juga bisa memanfaatkan fitur ‘Uji Tanah’ pada Aplikasi Dokter Tania untuk mendapatkan jasa analisan tanah dan mengetahui kadar pupuk yang sesuai bagi tanah dan tanaman.

Ingin tingkatkan panen? Download aplikasi Dokter Tania sekarang
Lihat Referensi