article-image

Sumber Gambar: Jatuphon Buraphon on Pexels

Bagi para pencinta urban farming tipe hidroponik sudah tidak asing tentunya dengan Nutrisi Hidroponik AB mix lalu apa itu AB Mix dan bagaimana cara mengaplikasiannya? Yuk disimak!!

AB mix merupakan campuran antara pupuk A dengan B. Kandungan dari pupuk A yaitu Kalium Nitrat 64%, Kalsium Nitrat 33% dan Fe EDTA 3%, sedangkan pupuk B mengandung Kalium dihidrofosfat 25%, Amonium Sulfat 9,4 %, Kalium sulfat 2,7 %, Magnesium Sulfat 61 %, Cupri Sulfat 0,03%, Zinc Sulfat 0,11%, Asam Borat 0,3% , Mangan Sulfat 0,61%, Amonium hepta 0,85, cara mengaplikasikannya seperti dibawah ini :

  1. Siapkan formula A dan B
  2. Siapkan 2 ember dengan isi masing – masing 5 liter air bersih untuk menampung formula A dan B
  3. Dari formula A dan B yang telah diencerkan masing – masing 5 liter, diambil masing – masing 5 mililiter dan dicampurkan kedalam air bersih 1 liter. Kemudian larutan AB Mix siap digunakan dan sebaiknya larutan yang siap digunakan disimpan dalam wadah gelap dan sejuk (terhindar dari sinar matahari secara langsung).

Kelebihan dari AB Mix yaitu hidroponik akan terpenuhi seluruh unsur haranya namun jika dalam dosis yang terlalu tinggi maka tanaman akan terlihat seperti terbakar atau kering, karena dalam satu set formula A dan B mengandung unsur besi, tembaga,seng, mangan dan unsur hara lain. Selain itu sobat Tania jangan berusaha mencampurkan formula A dan B secara langsung atau masih dalam kondisi pekat, hal ini akan menyebabkan unsur Kalsium, Sulfur (Belerang), fosfat akan menjadi sulit diserap akibat adanya endapan yang terbentuk.

Nah cukup mudah bukan untuk membuat larutan nutrisi bagi tanaman hidroponik kita. Yuk sobat Tania selamat mencoba dirumah !!

Sumber [Online] https://books.google.co.id/books?id=KRaiQ8qNticC&pg=PA31&hl=id&source=gbs_selected_pages&cad=3#v=onepage&q&f=false\ diakses pad atanggal 27 Juli 2020

Ingin tingkatkan panen? Download aplikasi Dokter Tania sekarang