article-image

Sumber Gambar: https://unsplash.com/photos/9LmNHMsSZZc

Baca Juga

Mangga merupakan salah satu buah yang banyak digemari oleh masyarakat karena mangga memiliki rasa yang manis dan memiliki kandungan manfaat yang baik bagi tubuh. Oleh karena itu banyak pemilik pohon mangga yang mencari cara agar mangga cepat berbuah. Semakin cepat mangga berbuah maka bisa semakin cepat menikmatinya. Apalagi mangga ini perawatannya tergolong mudah dan hampir setiap rumah memiliki pohon mangga di depannya. Tapi bagaimana apabila pohon mangga tidak kunjung berbuah? Apa penyebab pohon mangga tidak kunjung berbuah? Mari kita simak bersama pembahasannya. Selamat membaca Sobat Tania!

Penyebab Pohon Mangga Tidak Berbuah

(1) Mutasi Gen Pohon mangga dapat mengalami mutasi gen yang menyebabkan pohon mangga tidak mau berbuah atau menjadi mandul. Jika sudah begini maka mau tidak mau Sobat Tania harus menanam pohon mangga baru lagi.

(2) Belum Masuk Umur Untuk Berbuah Pohon juga memiliki usia standar untuk dapat berbuah. Jika memang mangga belum masuk ke dalam umur untuk berbuah maka sudah pasti tidak akan mau berbuah. Masing-masing jenis mangga memiliki usia yang berbeda-beda untuk dapat berbuah. Jadi sebaiknya pelajari dulu usia berbuah pohon mangga tersebut sebelum menyimpulkan bahwa ia tidak mau berbuah.

(3) Pemberian Pupuk dengan Kadar Nitrogen Tinggi Nitrogen memang diperlukan oleh tanaman, tetapi kadar yang terlalu tinggi hanya akan membuat pohon mangga menjadi terlalu rimbun. Akibatnya sinar matahari menjadi terhalang untuk mencapai pohon dan kebutuhan hara tersedot kepada pertumbuhan vegetatif daun. Hal ini akhirnya menjadikan bunga yang muncul menjadi sedikit dan kurang bagus kualitasnya.

(4) Faktor Lingkungan Yang Tidak Sesuai dan Serangan Hama Penyakit Beberapa faktor lain juga dapat menjadi penyebab kenapa pohon mangga tidak berbuah. Misalnya seperti lahan kurang subur, serangan hama penyakit, kurang air, cuaca yang buruk, atau daerah yang tidak cocok dengan karakteristik tanaman,

Cara Agar Mangga Cepat Berbuah

(1) Melakukan Sayatan Pada Pohon Mangga Cara agar pohon mangga mau berbuah adalah kita membuat sayatan pada pohon mangga dengan lebar 2 cm melingkar pada pohon. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar pohon mangga mengeluarkan getahnya sebanyak mungkin sehingga merangsang pembungaan. Kemudian kupas batang mangga sekitar 5 cm dari permukaan tanah. Buat kubangan air melingkari pohon mangga dengan diameter kurang lebih 1 meter. Kubangan ini nantinya digunakan untuk menampung air. Jika sudah dua hari timbun kubangan tersebut dengan tanah. Cara ini bisa membuat pohon mangga cepat berbuah. Cara membuat pohon mangga berbuah ini harus dilakukan dengan hati-hati dan sebaiknya didampingi oleh orang yang ahli. Karena jika salah dalam melakukan maka pohon mangga bukannya berbuah tapi justru akan mati.

(2) Menggunakan Obat Perangsang Buah Cara agar pohon mangga berbuah lebat yang paling mudah adalah menggunakan obat perangsang buah. Obat semacam ini saat ini sudah banyak tersedia di berbagai toko pertanian. Sobat Tania juga bisa membeli obat agar pohon mangga cepat berbuah secara online jika memang di daerah Sobat Tania tidak ada. Biasanya menggunakan cara ini hasilnya akan cepat terlihat dan tidak perlu menunggu lama. Untuk dapat mengetahui cara budidaya mangga secara tepat, Sobat Tania bisa menggunakan fitur Budidaya di Aplikasi Dokter Tania. Dengan fitur ini cara budidaya akan lebih mudah dipahami dan menghasilkan panen yang melimpah.

Ingin tingkatkan panen? Download aplikasi Dokter Tania sekarang
Lihat Referensi