article-image

Sumber Gambar: Tom Fisk dari Pexels

Baca Juga

Di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, merawat tanaman hias merupakan salah satu kegiatan yang banyak dilakukan masyarakat. Ketika harus berdiam diri di rumah saja, secara otomatis kita akan berusaha mencari kegiatan positif yang bisa dilakukan dari rumah. Maka dari itu, tak heran jika kegiatan berkebun dan menanam tanaman hias saat ini sangat populer.

Sebelum menanam tanaman hias, tentunya kita harus tahu terlebih dahulu jenis daerah yang ada di sekitar kita. Jika Sobat Tania ingin menanam tanaman hias di daerah yang cenderung kering, sobat harus tahu juga jenis tanaman hias yang cocok ditanam di daerah tersebut. Kira-kira, jenis tanaman hias apa saja yang cocok ditanam di daerah kering, ya? Berikut adalah pembahasannya.

Bunga Kertas (Bougenville)

Bunga Kertas atau Bougenville pasti sudah tidak asing lagi di telinga Sobat Tania. Perawatan bunga yang satu ini sangat mudah dan tidak ada perawatan khusus. Tanaman hias yang satu ini juga merupakan tanaman yang tidak banyak membutuhkan air dan tahan terhadap panas sinar matahari.

Ketika sudah mekar, bunga kertas atau bougenville akan dipenuhi oleh bunga pada setiap cabangnya. Terkadang, daun dari bunga ini hampir tidak terlihat karena lebatnya bunga yang sudah mekar. Bunga kertas sangat cocok ditanam di daerah kering sebagai tanaman hias untuk menghiasi pekarangan rumah kita.

Bunga Kembang Sepatu

Sama seperti bunga kertas, bunga Kembang Sepatu juga memiliki bentuk dan warna yang indah dan juga menawan. Sudah banyak orang yang menanam dan merawat bunga Kembang Sepatu di pekarangan rumah mereka. Tanaman hias yang satu ini juga termasuk jenis tanaman yang tahan tumbuh di daerah kering dan juga tahan terhadap panas sinar matahari.

Lidah Mertua

Tanaman hias lainnya yang cocok untuk ditanam di daerah kering adalah tanaman lidah mertua. Lidah mertua dapat tumbuh di daerah dengan berbagai macam kondisi udara. Selain itu, tanaman ini juga dapat tumbuh baik di daerah yang cukup akan cahaya maupun daerah yang minim cahaya. Selain sebagai tanaman hias, lidah mertua juga memiliki banyak manfaat. Lidah mertua atau nama lainnya Sansevieria sering ditanam untuk dijadikan penetralisir udara kotor yang ada di sekitar ruangan. Artinya, tanaman ini juga dapat tumbuh di dalam ruangan.

Tanaman Lili Paris

Lili Paris adalah salah satu tanaman hias yang paling populer di Indonesia. Tanaman ini memiliki nama ilmiah Chlorophytum. Pertumbuhan tanaman lili paris tergolong sangat cepat. Bentuk daunnya tipis dan juga menjuntai. Biasanya, tanaman ini ditanam pada pot yang digantung. Untuk Sobat Tania yang tinggal di daerah kering dan ingin menanam tanaman hias, lili paris bisa menjadi salah satu rekomendasi tanaman hias yang tepat.

Itulah beberapa jenis tanaman hias yang cocok untuk ditanam di daerah kering. Untuk mengetahui lebih banyak tentang cara budidaya tanaman lainnya, Sobat Tania bisa memanfaatkan fitur ‘Budidaya’ pada Aplikasi Dokter Tania. Pada fitur ini, sobat bisa memilih jenis tanaman apa yang akan dibudidaya beserta dengan info hama penyakit yang berpotensi menyerang tanaman tersebut.

Ingin tingkatkan panen? Download aplikasi Dokter Tania sekarang
Lihat Referensi