article-image

Sumber Gambar: Noaa On Unsplash

Baca Juga

Pancaroba adalah masa di mana terjadinya transisi atau pergantian satu musim ke musim yang lainnya. Seperti contohnya yang biasa terjadi di Indonesia, dari musim penghujan terdapat pergantian musim ke musim kemarau dan begitu juga sebaliknya. Musim pancaroba umumnya ditandai dengan cuaca yang cenderung tidak menentu. Musim pancaroba tentunya juga memiliki pengaruh sendiri terhadap sektor pertanian. Pasalnya, pada musim pancaroba curah hujan dan intensitas matahari menjadi tidak menentu yang pastinya akan berpengaruh pada kegiatan pertanian.

Kenali Jenis Hama Penyakit yang Biasa Menyerang

Perlu Sobat Tania ketahui bahwa pada musim pancaroba, hama yang sering menyerang tanaman budidaya adalah ulat. Organisme Penganggu Tanaman (OPT) seperti ulat umunya berkembang lebih pesat sehingga dikhawatirkan dapat menyebabkan penurunan produktivitas budidaya tanaman. Dengan mengenal jenis hama penyakit yang biasa menyerang di musim pancaroba, Sobat Tania akan lebih mudah untuk mengenali siklus hidup hama dan mengantisipasi ledakan serangannya. Umumnya, tanaman yang sering diserang ulat saat musim pancaroba adalah padi, cabai, kubis, bawang dan ubi jalar.

Memastikan Kebersihan Lahan

Tips selanjutnya adalah memastikan kebersihan lahan. Memastikan kebersihan dan kesiapan lahan untuk dibudidayakan merupakan kegiatan penting yang perlu dilakukan. Lakukanlah penggemburan lahan dan bersihkan lahan dari sisa tanaman di musim sebelumnya serta rumput liar yang bisa menjadi sumber hama dan penyakit bagi tanaman yang akan ditanam. Tips ini berlaku untuk pergantian jenis musim apapun agar lahan lebih siap dan optimal saat digunakan sebagai lahan budidaya. Dengan begitu, hasil produksi saat panen nantinya akan lebih maksimal.

Menanam Tanaman yang Cocok untuk Pancaroba

Meski banyak orang beranggapan bahwa musim pancaroba identik dengan banyaknya penyakit yang menyebar namun faktanya musim pancaroba cocok untuk melakukan budidaya tanaman jenis tertentu meski tidak ada jaminan bahwa tanaman akan aman dari serangan hama penyakit. Menurut BMKG, petani masih dapat menanam tanaman tertentu yang tidak membutuhkan terlalu banyak air. Pada tahun 2021 ini, musim kemarau masih akan ada hujan yang sifatnya normal itu artinya udara tidak akan terlalu kering. Umumnya, tanaman yang sering ditanam pada musim pancaroba adalah** padi, cabai, tomat, terung, timun, semangka, melon dan juga umbi-umbian.** Petani bisa fokus untuk menanam jenis tanaman sesuai dengan musimnya sehingga peluang panen optimal jauh lebih besar. Sebagai panduan menanam untuk musim pancaroba, Sobat Tania juga bisa memanfaatkan fitur ‘Radar Penyakit’ yang ada di Aplikasi Dokter Tania. Dengan fitur ini, Sobat Tania bisa mengetahui jenis penyakit yang sedang marak berada di sekitar lokasi budidaya. Semoga bermanfaat!

Ingin tingkatkan panen? Download aplikasi Dokter Tania sekarang
Lihat Referensi