article-image

Sumber Gambar: Foto oleh Иван Егоров dari Pexels

Baca Juga

Tanaman yang kita budidayakan apabila tidak dirawat dengan baik akan rentan terhadap serangan hama atau penyakit. Tidak hanya tanaman hias saja, namun tanaman buah dan sayur juga butuh perhatian ekstra agar tidak terserang oleh patogen. Berikut adalah beberapa jenis tanaman yang rentan terhadap serangan hama dan penyakit.

1. Jambu Biji

Jambu biji merupakan tanaman yang rentan terhadap serangan hama apabila tidak dirawat dengan baik. Hama yang paling sering menyerang tanaman ini adalah ulat Dasychira inclusa dan Paras lepida. Ulat ini akan menyerang daun, tunas, dan bunga. Selain itu, buah jambu biji di pohon juga rentan terserang oleh larva lalat buah Dacus dorsalis. Lalat ini menyerang degan memakan buah dan menancapkan telurnya dalam daging, sehingga larva yang tumbuh di dalam daging buah akan memakan buah dari dalam. Selain hama, jambu biji juga rentan terhadap **penyakit busuk (kanker batang) ** yang disebabkan oleh cendawan Phytophthora. Cendawan ini menyerang bagian pangkal batang sehingga berubah warna menjadi kecoklatan atau hitam. Akibatnya, tanaman menjadi menguning dan mongering.

2. Pepaya

Pepaya juga tergolong dalam tanaman buah yang rentan terkena serangan hama apabila tidak dirawat dengan baik. Salah satu hama yang menyerang pepaya adalah kutu perisai. Kutu ini menyerang daun dari tanaman pepaya. Hama lainnya dari jenis kutu-kutuan adalah kutu dompolan yang menyerang buah pepaya dengan cara menghisap cairan buah pepaya. Kutu putih pepaya juga merupakan hama pepaya yang serangannya dapat menurunkan hasil panen hingga 58%. Selain itu, pepaya juga rentan terserang tungau merah yang menyerang daun, tangkai, serta buah pepaya.

3. Janda Bolong

Tanaman hias janda bolong merupakan tanaman hias yang rentan terhadap serangan penyakit dan hama. Penyakit bintik daun atau bercak daun disebabkan oleh jamur dan muncul pada tanaman hias. Bintik daun ditandai dengan munculnya bintik-bintik noda kecil pada daun tanaman yang bergabung dan membesar. Akibatnya, daun berubah warna menjadi coklat dan berguguran. Janda bolong juga rentan terhadap penyakit akar busuk yang diakibatnya terlalu seringnya menyiram tanaman. Gejala dari penyakit ini adalah daun menguning dan layu, pertumbuhan lambat, daun rontok, serta akar menjadi hitam, lembek dan sangat rapuh. Selain penyakit, janda bolong juga rentan terserang oleh tungau laba-laba. Hama ini hidup berkoloni dan lazim ditemukan di bagian bawah daun dan sendi daun tanaman. Tanaman yang terserang hama ini akan memiliki daun kecoklatan, daun melengkung dan layu. Hama berupa serangga skala juga menyerang janda bolong sehingga menyeebabkan daun menguning dan rontok, adanya bercak putih kekuningan pada daun, batang, dan cabang. Serangga skala berukuran kecil dan hidup di bagian batang dan sendi daun.

4. Tomat

Tomat merupakan tanaman yang rentan terhadap hama dan penyakit, terutama ketika musim penghujan. Beberapa hama tanaman tomat adalah golongan kutu, lalat, ulat dan thrips. Kutu kebul (Bemisicia tabacci) adalah hama yang menyerang tomat dengan menghisap cairan daun. Kutu ini adalah vektor penyebaran virus Gemini dan menyebabkan pertumbuhan tomat terhambat dan kerdil, daun keriting dan kuning. Selain kutu kebul, **kutu daun (aphids) ** juga menyerang tomat dengan menghisap cairan daun dan juga berperan sebagai vektor pembawa virus. Gejala serangan kutu daun adalah ditemukan banyak semut pada tomat dan daun menjadi keriting dan pertumbuhan terhambat. Tomat juga rentan terhadap serangan ulat buah dan ulat tanah. Ulat buah menyerang buah, daun dan batang tomat, sedangkan ulat tanah makan pangkal batang dan menyerang batang muda. Hama thrips pada tomat menyerang daun muda dengan menghisap cairan daun sehingga daun menjadi keriting. Penyakit yang menyerang tanaman tomat berupa layu Fusarium, penyakit bercak daun, layu bakteri, mosaik, busuk buah dan busuk daun, serta Tomato Yellow Curl Virus (TYLCV). Layu Fusarium disebabkan oleh jamur Fusarium oxysporum yang menginfeksi akar hingga seluruh bagian tanaman sehingga tanaman layu. Bercak daun disebabkan oleh jamur Cercospora capsici, daun yang terserang akan memiliki bintik bulat, berwarna hitam kecoklatan lalu menguning dan rontok. Penyakit layu bakteri disebabkan oleh Pseudomonas solanacearum yang menyebabkan tunas layu dan daun tua menguning. Busuk buah pada tomat dapat disebabkan oleh jamur Thanatephorus cucumeris dengan gejala bercak coklat kecil pada tomat yang berkembang menjadi cekung dan menyebabkan buah membusuk. Penyebab lainnya adalah jamur Colletotrichum coccodes dengan ciri bintik bulat kecil dan bintik cairan yang perlahan cekung, serta bintik ungu di pangkal buah dekat tangkai buah. Penyakit busuk daun disebabkan oleh jamur Phytopthora infestans yang menyebabkan bercak basah hitam pada ujung daun dan membentang di seluruh daun dan tangkai daun. Penyakit virus keriting kuning (TYLCV) menyebabkan daun muda mengkerut atau keriting dan kuning, sedangkan daun tua tidak menyusut. Vektor utama penyakit ini adalah kutu kebul.

5. Kentang

Kentang juga merupakan tanaman yang rentan terhadap serangan hama. Lalat penggorok daun adalah salah satu hama yang menyerang kentang dengan gejala bintik-bintik daun berwarna putih, kemudian daun mongering dan berwarna kecoklatan. Hama thrips menyerang kentang dengan menghisap cairan pada permukaan bawah daun serhingga daun keperakan atau kekuningan dan mengkerut. Serangan berat pada kentang akan menyebabkan permukaan bwah daun berwarna merah atau pucuk tanaman mengering. Hama lainnya adalah urat penggerek daun yang merusak daun kentang sehingga menyebabkan daun berwarna merah tua. Kutu daun pada kentang akan menghisap cairan sel pada daun muda dan menyebabkan daun keriput, kerdil, berwarna kuning, dan mati. Nematoda menyerang kentang yang ditanam pada tanah dengan pH rendah, akibatnya muncul bintil merah kecil pada umbi kentang.

Sobat Tania sudah tahu 5 tanaman yang rentang terhadap penyakit dan hama bukan? Apabila sobat Tania menemukan masalah dengan hama, cendawan, atau penyakit tanaman, sobat Tania dapat mengakses Aplikasi Dokter Tania yang memiliki fitur identifikasi hama dan penyakit tanaman sehingga mempermudah dalam proses pengendalian hama tanaman. Selamat mencoba ya!

Ingin tingkatkan panen? Download aplikasi Dokter Tania sekarang