article-image

Sumber Gambar: Todd Trapani in Pexels

Organisme pengganggu tanaman (OPT) apabila dibiarkan begitu saja akan memberikan dampak negatif dalam budidaya tanaman. Namun, pengendalian OPT yang tidak tepat justru dapat memberikan kerugian berupa penurunan kualitas dan kuantitas hasil panen. Salah satu alternatif pengendalian OPT adalah menggunakan refugia.

Tanaman refugia merupakan jenis tanaman yang dapat memberikan perlindungan bagi tanaman utama, sekaligus sebagai sumber pakan atau sumber daya lain bagi musuh alami OPT seperti predator atau parasitoid. Tanaman refugia memiliki peran dalam menjaga keseimbangan ekosistem dan membantu pengendalian OPT bagi tanaman budidaya. Selain itu, tanaman ini juga berperan dalam menjaga kelembaban tanah dan mengurangi risiko penguapan air tanah. Namun, belum banyak petani yang menyadari potensi dan jenis tanaman refugia.

Tanaman yang tergolong dalam tanaman refugia umumnya mempunyai sifat mudah tumbuh, cepat berkembang, serta memiliki aroma khas dan warna yang menarik serangga. Selain itu, benih atau bibit dari tanaman refugia umumnya mudah diperoleh, serta dapat ditumpang sarikan dengan tanaman lainnya. Berikut adalah beberapa jenis tanaman yang berpotensi sebagai tanaman refugia:

1. Tanaman Hias Tanaman hias yang berpotensi sebagai refugia adalah bunga kertas zinnia, bunga matahari, kenikir, serta kembang sepatu. 2. Gulma Beberapa jenis gulma yang dapat dimanfaatkan sebagai tanaman refugia adalah gulma dari famili Asteraceae seperti babadotan dan ajeran. Selain itu, beberapa tumbuhan liar seperti pegagan, rumput setaria, rumput kancing ungu, dan kacang hias juga dapat digunakan sebagai tanaman refugia. 3. Tanaman Sayur Tanaman sayur yang juga berpotensi sebagai tanaman refugia antara lain adalah kacang panjang, bayam, dan jagung.

Tanaman yang akan gunakan sebagai refugia sebaiknya ditanam sebelum tanaman utama secara tumpang sari agar dapat dijadikan sebagai tempat berlindung bagi musuh alami dan serangga polinasi. Penanaman refugia dalam tumpang sari juga sebaiknya sejajar dengan sinar matahari agar tidak mengganggu penyerapan sinar matahari dari tanaman utama. Nah, apakah sobat Tania tertarik untuk mulai menanam tanaman refugia?

Ingin tingkatkan panen? Download aplikasi Dokter Tania sekarang
Lihat Referensi