article-image

Sumber Gambar: Schulize from Getty Images

Baca Juga

Pupuk NPK adalah salah satu jenis pupuk majemuk yang umum digunakan. Pupuk ini memiliki beberapa jenis bentuk, seperti granul, bubuk, maupun cair. Pupuk NPK umumnya mengandung sekitar 5 unsur hara yang terdiri atas 3 unsur hara makro (N, P, dan K) serta 2 unsur hara mikro. Pupuk NPK yang paling umum digunakan mengandung senyawa ammonium ntrat (NH4NO3), ammonium dihidrogen fosfat (NH4H2PO4) dan kalium klorida (K2O).

Apabila membeli pupuk NPK, umumnya Sobat Tania akan melihat 3 angka yang tertera pada kemasan pupuk. Angka-angka tersebut merupakan persentase atau komposisi kandungan dari pupuk tersebut. Misalnya NPK 10-20-15, artinya adalah pupuk tersebut mengandung 10% nitrogen, 20% fosfor (dalam bentuk P2O5) dan 15% kalium (dalam bentuk K2O). Kandungan unsur hara mikro umumnya sangat sedikit sehingga tidak dicantumkan dalam kemasan.

Sekian informasi mengenai arti dari angka yang tertera pada kemasan pupuk NPK. Apabila Sobat Tania ingin mengetahui dosis pemupukan yang tepat dan efisien, Sobat Tania dapat menggunakan fitur Kalkulator Pupuk di Aplikasi Dokter Tania agar dosis yang diberikan dapat sesuai dengan kebutuhan hara tanaman. Selamat mencoba!

Untuk dapat mengetahui dosis pemupukan yang tepat dan efisien, Sobat Tania bisa menggunakan Jasa Analisa Tanah. Bisa langsung kamu kirimkan sampel tanah kemudian kami uji dan kami analisa untuk mengetahui kondisi NPK dalam tanah, lengkap dengan rekomendasi pemupukannya. Yuk daftar sekarang pada link ini.

Ingin tingkatkan panen? Download aplikasi Dokter Tania sekarang