article-image

Sumber Gambar: PhotoCPL from Getty Images Pro

Baca Juga

opik : Istilah Pertanian O Judul : Mengenal 5 Istilah Pertanian dari Huruf O Keyword : organofosfat, omnivora, osmosis, ovipositor serangga, organik

Organofosfat

Istilah pertanian yang pertama adalah organofosfat. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), organofosfat adalah senyawa organik yang mengandung fosfat, biasanya dipakai pada pestisida. Sebagian besar petani menyukai kandungan organofosfat yang ada di pestisida karena mereka percaya bahwa senyawa organik yang satu ini mampu membasmi hama secara kuat, cepat dan efektif. Departemen Pertanian sendiri menyarankan penggunaan pestisida dengan organofosfat karena sifatnya yang mudah hilang di alam. Umumnya, organofosfat digunakan sebagai racun pembasmi serangga karena sifatnya yang sangat toksik secara akut. Meski begitu, residu pestisida dengan kandungan organofosfat pada manusia dapat menimbulkan keracunan baik secara akut maupun kronis. Maka dari itu, penggunaannya harus sesuai kadar, tepat dan bijaksana.

Omnivora

Istilah omnivora menurut KBBI adalah makhluk pemakan tumbuhan dan pemakan daging. Di KBBI, omnivora merupakan bentuk tidak baku dari omnivor. Omnivora sendiri berasal dari bahasa latin “omni” dan “vorare” yang artinya ‘melahap’. Dalam lingkup biologi, omnivora adalah sekelompok hewan pemakan daging dan tumbuhan. Hewan yang termasuk omnivora terbagi menjadi beberapa jenis yaitu mamalia omnivora, primate omnivora, burung, serangga, ikan, reptil dan amfibi. Dalam rantai dan jaring makanan, hewan omnivora memiliki peranan penting karena mereka dapat membantu mengendalikan populasi tanaman dan juga hewan lainnya.

Osmosis

Sebelum mengenal istilah osmosis, Sobat Tania perlu tahu terlebih dahulu tentang istilah transport pasif. Transport pasif merupakan transportasi sel yang dilakukan melalui membran tanpa membutuhkan energi. Transport pasif dapat terjadi karena adanya perbedaan konsentrasi di antara zat yang berada di dalam sel dengan yang berada di luar sel. Transport pasif meliputi difusi dan osmosis. Dalam hal ini, osmosis merupakan difusi air melalui membran permeable yang arahnya ditentukan hanya oleh perbedaan zat terlarut total, bukan total jenis zat terlarut. Contoh peristiwa osmosis dapat kita amati pada air laut yang meskipun memiliki berbagai jenis zat terlarut, molekul air yang ada tetap akan bergerak ke larutan gula yang memiliki konsentrasi tinggi.

Ovipositor serangga

Menurut KBBI, ovipositor adalah struktur atau alat khusus pada serangga untuk bertelur. Ovipositor ini dimiliki oleh serangga betina untuk meletakkan telurnya pada area yang mereka inginkan sesuai dengan komposisi baris yang sesuai. Misalnya, serangga meletakkan telurnya menggunakan ovipositor pada daun, maka ia akan meletakkan telurnya dengan posisi berjajar memanjang.

Organik

Menurut KBBI, organik merupakan istilah yang berkaitan dengan zat yang berasal dari makhluk hidup atau masih berhubungan dengan organisme hidup. Secara umum, organik masih berkaitan dengan yang alami, teratur dan juga seimbang. Pada pertanian, istilah organik ini sering ditemukan pada Pertanian Organik, pupuk organik atau sampah organik yang pada pengaplikasiannya tidak berkaitan dengan senyawa kimia. Itulah 5 istilah pertanian yang berawalan dari huruf O yang sudah kita bahas bersama. Semoga artikel kali ini mampu memberikan ilmu yang baru untuk Sobat Tania!

Ingin tingkatkan panen? Download aplikasi Dokter Tania sekarang
Lihat Referensi
  • [Utami, Silmi Nurul. 2021. Contoh Hewan Omnivorahttps] (//www.kompas.com/skola/read/2021/01/09/202433269/contoh-hewan-omnivora) diakses pada tanggal 9 Juli 2021 pukul 20:50
  • K, Anthony. 2017. Transportasi Sel Tumbuhan dan Hewan diakses pada tanggal 9 Juli 2021 pukul 21:05
  • Admin. 2017. Pengertian Organik dan Anorganik diakses pada tanggal 9 Juli 2021 pukul 21:26
  • [Resna, Nenti. 2021. Mengenal Sampah Organik dan Non-organik: dari Sumber hingga Cara Mengolahnya](https://www.sehatq.com/artikel/mengenal-sampah-organik-dan-non-organik-dari-sumber-hingga-cara-mengolahnya