article-image

Sumber Gambar: Nikita Belokhonov dari Pexels

Baca Juga

Jeruk merupakan salah satu jenis buah yang sangat populer di Indonesia. Buah ini juga merupakan buah yang paling banyak digemari oleh mayoritas masyarakat Indonesia. Kandungan vitamin C yang ada di dalam jeruk juga menjadi salah satu daya tariknya. Apakah Sobat Tania juga merupakan penggemar buah jeruk? Pada artikel kali ini, kita akan bersama-sama membahas aneka ragam jeruk lokal yang terkenal di Indonesia. Berikut adalah pembahasannya:

Jeruk Nipis

Jeruk nipis merupakan jenis jeruk yang paling banyak dijadikan sebagai minuman, bahan masakan, dan lain sebagainya. Jeruk yang satu ini menjadi salah satu jenis jeruk yang paling populer di Indonesia. Cara mendapatkannya juga sangat mudah karena hampir semua pasar dan tempat perbelanjaan menjual jeruk nipis. Jeruk nipis memiliki cita rasa yang paling asam di antara jenis jeruk lokal lainnya. Ia memiliki kulit yang sangat tebal, licin dan berpori besar.

Jeruk Lemon

Jeruk lemon memiliki bentuk yang lonjong dan tekstur kulit yang tebal hampir sama seperti jeruk nipis. Jeruk yang satu ini memiliki warna kuning terang dan juga mengkilap. Kandungan vitamin C yang ada di dalamnya juga sangat tinggi dan bermanfaat bagi kesehatan dan juga kecantikan. Sama seperti jeruk nipis, jeruk lemon juga sering dijadikan sebagai bahan masakan dan juga minuman.

Jeruk Purut

Jenis jeruk lokal selanjutnya adalah jeruk purut. Jeruk purut (Citrus hystrix) sudah sering digunakan oleh masyarakat Indonesia sebagai bumbu masakan yang dapat menambah cita rasa tersendiri. Bentuk buahnya kecil, keras, bergelombang dengan warna hijau gelap namun aromanya sangat tajam. Daun jeruk purut juga sering dijadikan sebagai bumbu masakan. Selain di Indonesia, jeruk purut juga bisa ditemukan pada daerah tropis Asia Tenggara lainnya seperti Thailand dan Filipina. Selain sebagai penguat cita rasa masakan, jeruk purut juga memiliki banyak kandungan bermanfaat yang baik untuk kesehatan tubuh,

Jeruk Bali

Jeruk bali merupakan buah asli dari wilayah Asia Selatan dan Tenggara. Jadi, tidak seperti namanya, jeruk ini bukan berasal dari Bali. Jeruk bali memiliki bentuk dan ukuran yang jauh lebih besar dibandingkan ukuran jeruk pada umumnya. Pasti Sobat Tania sudah tahu dong seberapa besar ukuran jeruk bali? Jeruk bali memiliki rata-rata diameter berukuran 15-20 cm dengan berat antara 1-2 kg. Jeruk bali banyak ditemukan di daerah Pati, Kudus, Magetan dan Madiun. Jeruk bali memiliki kulit yang lebih tebal dengan daging buah berwarna putih dengan sedikit semburat merah.

Jeruk Medan

Jeruk medan adalah jenis jeruk lokal dengan cita rasa yang manis dan segar. Sesuai dengan namanya, jeruk ini berasal dari Medan, Sumatera Utara. Jeruk medan memiliki bentuk yang bulat dengan sedikit datar di bawah permukaannya. Saat sudah matang dan siap dikonsumsi, kulitnya akan berubah warna menjadi kuning dengan sedikit warna hijau. Jeruk ini juga memiliki aroma yang harum.

Jeruk Pontianak

Sama seperti namanya, jenis jeruk lokal yang satu ini berasal dari Pontianak, Kalimantan Barat. Jeruk ini merupakan salah satu komoditas unggulan kota Pontianak. Sebenarnya, jeruk Pontianak merupakan jenis jeruk siam dengan kulit tipis yang licin dan mengkilat. Rasanya manis seperti jeruk medan dan ia juga memiliki kemiripan bentuk dengan jeruk medan. Hanya saja, warna kulit dominannya adalah hijau. Itulah beberapa jenis jeruk lokal yang memiliki cita rasa yang tak kalah segar dan manis dari jeruk impor. Apakah Sobat Tania tertarik untuk membudidayakan jeruk sendiri di rumah? Coba manfaatkanlah fitur ‘Budidaya’ pada Aplikasi Dokter Tania yang sudah dilengkapi dengan katalog berisi informasi budidaya tanaman. Semoga bermanfaat!

Ingin tingkatkan panen? Download aplikasi Dokter Tania sekarang
Lihat Referensi