article-image

Sumber Gambar: DronG from Getty Images

Baca Juga

Berkembangnya teknologi pertanian membuat munculnya berbagai macam produk hasil rekayasa genetika. Salah satunya adalah dalam bidang buah-buahan. Saat ini sudah terdapat berbagai jenis buah hasil rekayasa genetika, maupun buah-buahan hasil persilangan unik. Berikut adalah 5 buah unik hasil rekayasa genetika:

Cucamelon

Cucamelon merupakan buah hasil rekayasa dari jeruk nipis, mentimun, dan semangka. Buah ini seukuran anggur dan banyak ditemukan di wilayah Meksiko dan Amerika Serikat. Rasa dari cucamelon menyerupai mentimun dengan sedikit rasa citrus. Buah ini tumbuh merambat seperti mentimun dan banyak terdapat di pekarangan rumah. Khasiat buah yang mengandung vitamin, mineral, antioksidan dan serat ini sangat banyak, seperti menurunkan risiko jantung, stroke, serta kanker.

Peacotum

Buah ini merupakan hasil kombinasi peach, apricot, dan plum. Buah ini memiliki bentuk seperti tomat, namun ketika dibelah peacotum lebih menyerupai buah plum, dan memiliki tekstur menyerupai apricot. Buah ini memiliki kadar antioksidan, dan terpenoid yang memiliki khasiat antimikrobial, pestisida dan antifungal.

Apel Pink

Buah yang satu ini merupakan buah apel yang memiliki daging buah berwarna pink. Buah ini telah dikembangkan di Amerika Serikat sejak tahun 1944 dan memiliki julukan Pink Pearl. Kulit dari apel pink ini berwarna kuning dan warna dagingnya bervariasi dari pink cerah, pink pucat, hingga pink dengan gradasi warna putih.

Nanas Pink

Selain buah apel, terdapat juga buah nanas dengan daging buah berwarna pink. Konon katanya, DNA dari buah ini direkayasa dengan lycopene, yaitu pigmen merah yang umumnya ditemukan pada semangka dan tomat. Buah ini layak dikonsumsi dan telah mendapat izin resmi dari Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat pada tahun 2016 sehingga mudah ditemukan di pasaran.

Pluots

Buah ini merupakan hasil perpaduan dari buah plum dan apricot. Pluots memiliki tekstur kulit yang lembut dan rasa yang manis. Buah ini juga kaya akan kandungan vitamin C dan lycopene yang memiliki khasiat sebagai antioksidan, anthocyanins, kalium, dan lutein. Nah, sekian penjelasan mengenai 5 buah unik hasil rekayasa genetika. Sobat Tania dapat ikut berkontribusi untuk meningkatkan produksi pertanian di Indonesia loh. Dengan Aplikasi Dokter Tania yang menyediakan berbagai macam informasi seputar pertanian, kita dapat berkontribusi untuk kemajuan pertanian Indonesia.

Ingin tingkatkan panen? Download aplikasi Dokter Tania sekarang
Lihat Referensi