article-image

Sumber Gambar: https://unsplash.com/photos/jin4W1HqgL4

Baca Juga

Apa itu biochar? Biochar adalah zat mirip arang yang dibuat dengan membakar material organik dari limbah pertanian melalui pembakaran tidak sempurna atau dengan suplai oksigen terbatas, yang disebut sebagai proses pirolisis. Biochar dapat dibuat dari berbagai macam limbah organik, seperti sekam padi, tongkol jagung, cangkang kemiri, dan lain-lain. Arang sekam merupakan salah satu jenis biochar yang umum ditemukan dan digunakan sebagai media tanam.

Dari segi atribut fisik, biochar berwarna hitam, sangat berpori, ringan, berbutir halus dan memiliki luas permukaan yang besar. Dengan atribut fisik tersebut, biochar berperan sangat baik sebagai bahan pembenah tanah yang dapat meningkatkan kualitas lahan pertanian. Beberapa cara biochar membantu meningkatkan kualitas tanah diantaranya:

  • Memperbaiki struktur tanah
  • Meningkatkan retensi dan agregasi air
  • Memiliki pH 8,5-9 sehingga dapat menurunkan keasaman tanah
  • Meningkatkan porositas
  • Mengatur pencucian nitrogen
  • Meningkatkan aktivitas mikroorganisme

Selain itu, biochar juga bermanfaat untuk pengomposan karena dapat mencegah hilangnya nutrisi dalam bahan kompos, mempercepat proses pengomposan sebagai akibat dari aktivitas mikroorganisme yang meningkat, serta membantu mengurangi kehilangan amonia dan bau kompos.

Kualitas biochar itu sendiri sangat dipengaruhi oleh material organik yang digunakan. Arang sekam sebagai biochar mengandung silika dalam bentuk SiO2 yang tinggi, yaitu sekitar 52% dan unsur karbon sekitar 31% serta komposisi lainnya seperti nitrogen, fosfat, Fe2O3, K2O, MgO, CaO, MnO dan Cu dalam jumlah sedikit. Meskipun tidak menyediakan unsur hara dalam jumlah banyak untuk diserap tanaman, kandungan silika yang tinggi pada arang sekam diketahui dapat memperbaiki sifat fisik tanaman dan mempengaruhi kelarutan P dalam tanah. Jika unsur silika dalam tanah kurang dari 5%, tanaman sulit tegak dan mudah roboh. Ciri-Ciri Tanah yang Subur untuk mengetahui karakteristik dari tanah yang subur

Demikian banyak manfaat dari arang sekam sebagai biochar pembenah tanah. Jika Sobat Tania hendak memperbaiki kualitas tanah yang sudah menurun, Sobat Tania dapat menambahkan biochar pada tanah tersebut. Penggunaan arang sekam sebagai campuran media tanam dalam skala kecil pun dapat dan baik dilakukan. Apabila Sobat Tania mempunyai pertanyaan lebih lanjut mengenai arang sekam dapat ditanyakan pada ahli dengan menggunakan fitur Tanya Ahli di Aplikasi Dokter Tania. Semangat terus dalam belajar Sobat Tania!

Ingin tingkatkan panen? Download aplikasi Dokter Tania sekarang
Lihat Referensi