article-image

Sumber : https://tania-cms-image.s3.ap-southeast-1.amazonaws.com/Pupuk_Kompos_Rumah_389586f957.jpeg

Halo Sobat Tania, pasti beberapa diantara kalian sedang asik menanam ya? Tentunya sudah tahukan kalau tanaman membutuhkan nutrisi yang cukup untuk dapat tumbuh dengan optimal. Seringnya untuk mencukupi kebutuhan nutrisi tanaman dilakukan pemberian pupuk. Akan tetapi jenis pupuk yang beragam membuat beberapa orang kebingungan ketika ingin membelinya di toko. Kali ini akan dibahas bagaimana cara membuat pupuk kompos secara mandiri dengan bahan-bahan yang tersedia di rumah.

Prinsip dari pembuatan kompos adalah dengan memadukan 2 jenis bahan, yaitu bahan coklat dan hijau. Beberapa contoh dari bahan coklat yang bisa ditemukan disekitar tempat tinggal antara lain, daun kering, rumput kering, sekam padi, limbah kertas, kulit jagung dan tangkai sayuran. Bahan coklat ini umumnya mengandung unsur karbon yang tinggi dan dibutuhkan agar tanaman bisa cepat berbuah. Sementara beberapa contoh dari bahan hijau yang bisa digunakan adalah sisa sayuran, buah-buahan, daun segar, bubuk teh dan kopi serta cangkang telur. Bahan hijau ini ditambahkan karena kandungan airnya yang masih cukup tinggi dan banyak mengandung nitrogen yang dibutuhkan untuk perkembangan batang dan daun.

Kedua jenis bahan tersebut dicampurkan dengan perbandingan bahan coklat:hijau sebanyak 3:1. Selanjutnya bahan dimasukkan ke dalam bak atau wadah plastik besar yang di bawahnya sudah dilapisi tanah dan dilubangi untuk tempat keluarnya air berlebih. Tambahkan lagi lapisan tanah diatas bahan agar mikroba tanah dapat bekerja dengan baik. Ulangi proses tersebut hingga bahan kompos habis atau hingga wadah cukup penuh. Tambahkan EM4 bila perlu. Kemudian tutup dengan karung goni atau plastik penutup. Setiap 1 minggu sekali selama 1 bulan, aduk pupuk kompos hingga terjadi perubahan warna menjadi kehitaman dan tidak berbau serta bertekstur halus. Kompos siap dicampurkan pada media tanam.

Sumber

https://8villages.com/full/petani/article/id/5cd4e7423a4bcb6c685c8ef5 http://balittanah.litbang.pertanian.go.id/ind/dokumentasi/buku/pupuk/pupuk2.pdf https://adalah.co.id/kompos/