article-image

Sumber Gambar: Yuk simak pemanfaatan keongmas untuk pupuk organik tanaman kita

Baca Juga

Keberadaan keong mas selama ini dikenal sebagai hama khususnya pada tanaman padi. Walaupun dianggap sebagai hama, kenyataannya keong emas memiliki manfaat tersendiri. Umumnya keong emas dijadikan sebagai olahan makanan ataupun pakan ternak unggas. Selain hal itu, sebenarnya keong mas juga dapat diolah menjadi POC yang berguna bagi tanaman. Sobat Tania pada artikel ini sobat akan diajak mempelajari cara pembuatan POC dari keong emas dan manfaatnya.

Bahan yang dibutuhkan

  • 1 kg keong emas (hidup)
  • 4 liter air cucian beras
  • 4 liter air putih
  • 160 ml EM4
  • 400 gr gula merah

Cara pembuatan

  1. Masukkan air cucian beras dan aktivator dalam ember, aduk supaya tercampur rata. Lalu biarkan semalaman agar mengendap
  2. Tumbuk keong mas beserta cangkangnya hingga benar-benar hancur
  3. Encerkan gula merah, campur dengan air bersih dan air kelapa dalam satu wadah
  4. Campurkan semua bahan menjadi satu lalu aduk hingga merata
  5. Tutup wadah yang menyimpan adonan POC ini
  6. Setelah melewati semua tahapan diatas adonan akan mengalami proses fermentasi. POC dari keong emas akan akan selesai dalam waktu 10-15 hari ke depan. Takaran untuk mencampurkan POC keong emas dengan air sebelum disebarkan sekitar 200 sampai 250 ml untuk 15 liter air.

Manfaat POC dari keong mas

Manfaat dari POC berbahan dasar keong mas ini secara ilmiah dapat membantu menyuburkan tanah karena keong emas memiliki kandungan kitin. Selain itu POC berbahan keong emas ini mampu menjadi sumber mikroba yang baik bagi tanaman karena telah melewati masa fermentasi. Sobat Tania sudah tahu kan manfaat hama ini yang ternyata bisa dijadikan POC yang bermanfaat bagi tanaman. Apakah Sobat Tania tertarik untuk memanfaatkan keong mas sebagai POC kah? Apabila Sobat Tania ingin mengetahui tips budidaya tanaman lainnya, Sobat Tania dapat menggunakan fitur Budidaya di Aplikasi Dokter Tania yang berisikan panduan menanam dan informasi mengenai hama penyakit. Selamat mencoba ya!

Ingin tingkatkan panen? Download aplikasi Dokter Tania sekarang