article-image

Sumber Gambar: https://entomologytoday.org/2018/06/08/insects-chicken-feed-benefit-farmers-environment-black-soldier-fly/black-soldier-fly-hermetia-illucens/

Baca Juga

Penggunaan pupuk merupakan kebutuhan setiap pegiat pertanian. Akhir-akhir ini semakin banyak percobaan yang dilakukan untuk membuat pupuk organik dari berbagai macam sumber sebagai alternatif dari pupuk kimia. Sobat Tania ada yang tahu tidak bahwa ada lalat yang bisa juga kita manfaatkan sebagai pembuat POC loh! Penasaran? Mari simak artikel berikut ini.

Hermetia illucens atau lebih dikenal dengan lalat tentara hitam (Black Soldier Fly/BSF) adalah lalat tropis yang mempunyai kemampuan mengurai material organik dengan sangat baik. Cairan dari hasil penguraian tersebut dapat digunakan sebagai POC untuk tumbuhan. Berikut adalah proses pembuatan POC dengan bantuan lalat BSF ini.

Persiapan

Sebelum membuat POC dari lalat BSF ini, kita harus memiliki bioreaktor. Bioreaktor secara sederhana adalah wadah untuk dijadikan sarang bagi lalat BSF ini. Bioreaktor dapat dibuat menggunakan tong plastik, kontainer, ataupun jolang atau ember baskom sebagai wadah menaruh larva dari lalat BSF ini. Persiapan lainnya untuk membuat POC adalah menyiapkan lalat BSF. Lalat ini bisa kita tangkap di sekitar kawasan penduduk dengan menggunakan umpan makanan bekas yang digantungkan. Umumnya jika dipasang di daerah yang merupakan habitat lalat ini, kita dapat menemukan larva lalat dari umpan tersebut dan larva ini yang akan digunakan sebagai pengurai dalam bioreaktor.

Pembuatan

  1. Siapkan bioreaktor, pastikan bioreaktor memiliki tutup agar larva lalat terhindar dari predator seperti semut.
  2. Masukkan larva lalat ke dalam bioreaktor (pastikan lalat masih berupa larva bukan ulat)
  3. Masukan limbah organik (limbah dapur/limbah kebun)
  4. Tunggu larva mengurai limbah menjadi feses (feses dari BSF yang akan menjadi POC)
  5. Campurkan cairan hasil penguraian BSF dengan air untuk dijadikan POC. Sementara itu, hasil penguraian bisa juga diberikan langsung atau dicampurkan dengan kompos.

Dengan memanfaatkan lalat BSF, selain bisa dijadikan POC, limbah dapur organik juga tidak akan terbuang sia-sia. Umumnya satu larva lalat BSF dapat mengurai 200mg limbah organik per hari dan memiliki masa hidup sebagai larva selama 18 hari. Larva yang telah berubah menjadi ulat juga dapat digunakan sebagai pakan ternak atau sebagai bibit untuk dijadikan lalat dewasa sebagai indukan larva. Dengan demikian, produksi POC dapat berjalan secara berkelanjutan. Demikian penjelasan mengenai cara pembuatan POC dengan bantuan BSF. Bagaimana Sobat Tania tertarik untuk memanfaatkan lalat BSF sebagai media pembuatan POC kah? Apabila Sobat Tania ingin mengetahui tips budidaya tanaman lainnya, Sobat Tania dapat menggunakan fitur Budidaya di Aplikasi Dokter Tania yang berisikan panduan menanam dan informasi mengenai hama penyakit. Selamat mencoba ya!

Read more

Referensi:

Ingin tingkatkan panen? Download aplikasi Dokter Tania sekarang