article-image

Sumber Gambar: Magone from Getty Images Pro

Baca Juga

Buah beri (berry) merupakan jenis buah kecil dan sederhana dengan daging buah yang dapat dikonsumsi. Apakah Sobat Tania tahu bahwa ternyata jenis buah beri sangat beragam begitu juga dengan manfaatnya. Berikut adalah pembahasan mengenal 10 jenis buah beri yang perlu Sobat Tania ketahui.

1. Stroberi/Strawberry

Sobat Tania pasti sudah sangat kenal dengan jenis buah beri yang satu ini. Stroberi merupakan jenis buah beri yang dapat dengan mudah ditemukan di pasaran. Buah dengan warna merah menarik ini memiliki banyak bintik hitam kecil di kulitnya. Stroberi memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi, serat, asam folat dan juga antioksidan. Buah ini mampu menurunkan tekanan darah tinggi, kolestrol, membantu menakan gula darah serta melawan efek penuaan pada otak.

2. Blackberry

Selain stroberi, jenis buah beri lainnya yang juga terkenal di pasaran adalah Blackberry. Buah blackberry memiliki warna gelap. Buah ini juga memiliki bentuk berbulir dan menyerupai jenis beri lainnya yaitu rasberi (raspberry). Blackberry memiliki rasa yang jauh lebih kuat dibandingkan jenis buah beri yang lainnya. Ia kaya akan kandungan serat yang tinggi, sumber vitamin C dan juga antioksidan.

3. Blueberry

Jenis beri lainnya yang populer di pasaran adalah blueberry. Buah yang satu ini berasal dari Amerika Utara. Ia memiliki warna biru dengan bentuk kecil dan juga bulat. Kabarnya, buah ini bermanfaat untuk menurunkan risiko penyakit jantung serta penyakit diabetes. Blueberry juga memiliki kandungan yang bermanfaat seperti vitamin C, vitamin K, serat dan juga antioksidan.

4. Raspberry

Buah beri yang satu ini biasanya banyak ditemukan sebagai makanan penutup karena rasanya yang manis. Kabarnya, secangkir raspberry dapat memenuhi kebutuhan vitamin C hingga 36%. Ia juga mengandung banyak manfaat seperti serat, antioksidan serta vitamin K. Raspberry bisa kita temukan dengan mudah saat musim panas. Rendahnya kandungan kalori yang ada di dalamnya membuat buah ini banyak dikonsumsi oleh mereka yang berusaha menurunan berat badan.

5. Blackcurrant

Blackcurrant atau ribes nigrum adalah buah yang berasal dari daratan Eropa. Buah ini memiliki bentuk yang hampir sama dengan anggur. Sobat Tania mungkin mengenal blackcurrant dengan warna gelapnya, namun ternyata ia juga memiliki warna lain seperti merah, merah muda dan juga putih. Meski begitu, semuanya mengandung manfaat yang sama seperti serat, karbohidrat, protein, kalsium, fosfor dan vitamin seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C dan vitamin E. Blackcurrant dapat tumbuh di tanah yang lembap.

6. Goji Berry

Pernahkah Sobat Tania dengan Goji Berry? Jenis beri yang satu ini biasanya sering digunakan sebagai bahan dalam pengobatan tradisional Cina. Goji beri banyak mengandung nutrisi dan kaya akan vitamin A, vitamin C dan vitamin B2. Perlu diperhatikan bahwa kita tidak dianjurkan untuk mengonsumsi goji beri saat masih mentah karena untuk menghindari terjadinya keracunan.

7. Murbei/Mulberry

Buah Murbei merupakan jenis beri yang ternyata cukup mudah untuk ditemukan di Indonesia. Buah ini memiliki warna gelap dengan rasa yang manis, sehingga sering diolah menjadi selai. Murbei atau Mulberry mengandung vitamin C, K, dan zat besi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

8. Cranberry

Jenis beri yang satu ini memiliki rasa yang asam namun ternyata manfaatnya sangat banyak untuk kesehatan tubuh. Ia memiliki warna merah dengan betuk bervariasi seperti buah anggur. Buah yang berasal dari bagian utara Amerika Serikat ini memiliki kandungan kalori yang rendah dan kaya manfaat.

9. Cloudberry

Belum banyak orang yang tahu mengenai buah cloudberry (Rubus chamaemorus). Padahal, ia termasuk salah satu jenis buah beri. Cloudberry sendiri merupakan tumbuhan liar yang masih satu keluarga dengan tanaman mawar Rosaceae. Buah ini dapat tumbuh subur di daerah rawa dingin dan sering disebut dengan buah musiman. Ia memiliki cita rasa yang hampir sama dengan jenis beri lainnya yaitu manis keasaman. Cloudberry kaya akan nutrisi seperti vitamin A, C, K, antioksidan, kalium, fosfor, magnesium, serat dan masih banyak lagi.

10. Bilberry/Huckleberry

Bilberry atau huckleberry memiliki bentuk yang mirip dengan blueberry. Hanya saja, bilberry memiliki warna yang lebih gelap. Buah ini juga memiliki rasa yang lebih asam dibandingkan blueberry. Bilberry kaya akan kandungan mineral dan antioksidan yang dapat membantu memperkuat kinerja jantung. Itulah beberapa jenis beri yang perlu Sobat Tania ketahui. Jika tertarik untuk membudidayakan salah satunya, Sobat Tania bisa memanfaatkan fitur ‘Budidaya’ pada Aplikasi Dokter Tania untuk mengetahui informasi tentang budidaya tanaman. Semoga bermanfaat!

Ingin tingkatkan panen? Download aplikasi Dokter Tania sekarang
Lihat Referensi