article-image

Sumber Gambar: null

Baca Juga

Mempelajari istilah pertanian memang tidak akan pernah ada habisnya. Semakin banyak kita mencari tahu, ternyata semakin banyak istilah-istilah yang belum kita ketahui sebelumnya.

Quality Control

Quality control merupakan istilah umum yang bisa dengan mudah kita temukan pada kegiatan apapun. Secara umum, quality control adalah pengendali mutu. Quality control sangat diperlukan untuk memeriksa suatu produk secara visual agar dapat menguji produk tersebut. Pemeriksaan produk yang ada dapat berlangsung sebelum, selama dan setelah proses produksi. Pengujian yang dilakukan dalam kegiatan quality control bisa dilakukan secara manual maupun menggunakan bantuan teknologi, tergantung pada sektor apa quality control tersebut bekerja. Dalam bidang pertanian, quality control biasanya dibutuhkan untuk melakukan pengawasan mutu segala hasil pertanian, standar proses pengolahan produk hasil pertanian serta menjaga dan mengarahkan agar kualitas produk hasil pertanian suatu perusahaan terjaga dengan baik sesuai rencana.

Quinalphos

Quinalphos adalah salah satu bahan aktif yang ada dalam kegiatan pertanian. Bahan aktif yang satu ini biasanya terdapat dalam insektisida. Penggunaan insektisida dengan bahan aktif quinalphos dalam jangka waktu panjang diklaim berbahaya untuk lingkungan dan perairan. Quinalphos biasanya tersedia dalam bentuk cair dan diaplikasikan dengan cara disemprotkan pada tanaman. Sistem kerja bahan aktif ini dalam insektisida adalah sebagai racun kontak dan juga racun lambung.

Quantosom

Quantosom adalah sebuah partikel di dalam tilakoid kloroplas pada daun-daunan. Setiap quantosom mengandung 230 klorofil. Proses fotosintesis dedaunan terjadi di quantosom yang di dalamnya terdapat klorofil. Quantosom sendiri terdiri atas lipid (sebuah senyawa organik) dan protein yang mencakup beberapa pigmen untuk proses fotosintesis tanaman.

Quinklorak

Quinklorak termasuk dalam jenis bahan aktif yang terdapat pada herbisida. Bahan aktif ini biasanya digunakan untuk mengendalikan gulma yang ada pada tanaman padi, Quinklorak ada yang tersedia sebagai bahan aktif tunggal pada herbisida dan ada juga yang tersedia sebagai kombinasi dengan herbisida yang lainnya. Quinklorak yang diaplikasikan pada waktu dan kadar yang tepat dapat menjadi pengendali gulma yang maksimal. Saat diaplikasikan ke rerumputan, bahan aktif ini akan langsung menyebar ke seluruh tanaman.

Quizalofop-P-tefuril

Quizalofop-P-tefuril diklasifikasikan sebagai salah satu bahan aktif yang ada pada herbisida. Bahan aktif ini bekerja secara sistemik dan dapat dengan mudah diserap oleh dedaunan untuk selanjutkan ditranslokasikan melalui tanaman melalui jaringan floem dan xilem ke jaringan meristem pada tumbuhan. Quizalofop-P-tefuril biasa digunakan untuk mengendalikan gulma yang berada di sekitaran tanaman seperti kentang, bunga matahari, kacang tanah serta beberapa tanaman sayuran yang lain.

Ingin tingkatkan panen? Download aplikasi Dokter Tania sekarang
Lihat Referensi