article-image

Sumber Gambar: Chengzuyeng from Getty Images Pro

Baca Juga

Mangga merupakan salah satu buah yang sangat populer di Indonesia. Harganya yang relatif murah, mudah ditemukan, dan rasanya yang nikmat membuat mangga banyak diburu oleh masyarakat Indonesia. Mangga dapat dikonsumsi secara langsung atau dibuat menjadi olahan makanan dan minuman seperti jus, rujak, dan manisan. Saat ini, terdapat banyak jenis mangga yang beredar di pasaran, namun tahukah Sobat Tania mangga apa saja yang merupakan mangga lokal dari Indonesia? Berikut adalah beberapa jenis mangga lokal dari Indonesia:

Mangga Lalijiwa/Lalijiwo

Mangga ini merupakan mangga endemik khas dari Pulau Jawa. Nama Lalijiwa sendiri diambil dari dua kata yaitu lali yang artinya lupa dan jiwo/jiwa yang artinya jiwa**. Konon katanya karena kelezatannya, orang yang mengonsumsi buah ini bisa sampai lupa diri. Ciri dari mangga lalijiwa ini saat sudah matang memiliki warna hijau tua dengan bintik kelenjar berwarna putih yang akan berubah kehitaman saat tua. Buah Mangga Lalijiwa tidak mempunyai aroma yang kuat namun hal tersebut berbanding terbalik dengan rasanya yang sangat manis.

Mangga Manalagi

Mangga yang satu ini adalah mangga yang paling mudah ditemukan di Indonesia. Budidayanya yang mudah dan memiliki berbagai macam varian membuat mangga ini sangat mudah kita jumpai. Mangga manalagi sangat populer bagi mereka yang menyukai rujak buah karena saat buat ini masih muda, rasanya yang asam menjadi kenikmatan tersendiri bagi para penggemar rujak. Saking populer dan mudah dipelihara seringkali kita melihat pohon mangga manalagi ditanam di depan rumah.

Mangga Gedong Gincu

Gedong gincu adalah mangga yang banyak ditanam di daerah Cirebon, Sumedang, Majalengka, dan Indramayu. Mangga ini memiliki rasa dan aroma yang berbeda dibandingkan jenis mangga lainya. Rasanya yang unik ini menjadikan Mangga Gedong Gincu sangat digemari. Mangga Gedong Gincu memiliki warna yang cerah saat sudah matang seperti orange, hijau kekuningan, sampai hijau kemerahan atau orange kemerahan tergantung dari lokasi budidaya buah tersebut.

Mangga Arumanis

Jenis mangga lokal Indonesia yang terakhir adalah mangga yang paling populer di Indonesia yang tak lain dan tak bukan adalah Mangga Arumanis. Rasanya yang sangat manis dan baunya yang sangat harum ini menjadikan mangga arumanis sebagai primadonanya mangga di Indonesia. Mangga arumanis memiliki ciri yang khas, yakni berbentuk lonjong dan memiliki warna hijau sedikit kekuningan saat sudah matang. Namun, yang menjadi ciri paling ikonik dari buah ini yaitu baunya, maka tak heran buah mangga ini diberi nama arumanis atau aroma yang manis. Sekian pembahasan mengenai beberapa jenis mangga lokal khas Indonesia. Apabila sobat Tania tertarik untuk mulai berkebun di pekarangan rumah, Neurafarm menyediakan Kit Menanam yang berisikan tiga benih pilihan dan media tanam, dilengkapi dengan panduan menanam serta bergabung dalam grup Whatsapp Bertani Bersama Tania. Selamat mencoba dirumah ya!

Ingin tingkatkan panen? Download aplikasi Dokter Tania sekarang