article-image

Sumber Gambar: Neurafarm

Baca Juga

Taukah Sobat Tania, bahwa minuman kopi yang kita nikmati adalah berasal dari buah yang dikenal sebagai ceri kopi? Dan seperti buah pada umumnya, ceri kopi juga memiliki kulit dan daging buah. Lantas, jika biji kopinya kita minum, ke mana kulit dan daging buahnya? Selain biji kopi yang biasa digiling dan dijadikan minuman kopi yang kita minum, ternyata limbah kulit kopi yang tidak terpakai, yang biasa disebut cascara, dapat diolah dan memiliki banyak manfaat. Teh atau minuman herbal yang dibuat menggunakan kulit ceri kopi ini banyak diminati di berbagai daerah karena kaya akan antioksidan. Mari kita simak bersama pembahasan mengenai cascara dan manfaatnya. Selamat membaca Sobat Tania!

Cascara dibuat bersamaan dengan proses pemilihan biji kopi. Biasanya ceri kopi dijemur terlebih dahulu di bawah paparan sinar matahari. Kemudian, ada proses pemisahan biji kopi yang sudah dan belum matang yang dinamakan proses washed. Setelah itu, baru kemudian akan dilakukan proses pemisahan antara biji dan kulit ceri kopi. Kulit kopi inilah yang nantinya akan diproses kembali untuk menjadi cascara.

Cara Pembuatan Cascara

(1) Pertama, segera pisahkan kulit kopi dari hasil pengolahan basah dan campuran. Hal ini bertujuan agar kulit kopi tidak banyak bercampur dengan air dari proses pengupasan. Karena efeknya, kulit kopi akan berjamur dan tidak bisa diolah lagi.

(2) Setelah itu, jemur kulit kopi pada tempat teduh yang tidak terkena langsung sinar matahari (shade drying) selama kurang lebih tiga hari. Cara penjemurannya seperti menjemur gabah.

(3) Setelah kadar air pada kulit kopi mencapai sekitar 11,5%. barulah cascara menjadi bahan minuman herbal siap seduh yang menyehatkan.

Manfaat Teh Cascara

Selain memiliki cita rasa yang tinggi, teh cascara ini memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh diantaranya,

(1) Melindungi lambung

Cascara mampu mencegah produksi asam lambung berlebih. Oleh sebab itu, Sobat Tania yang mempunyai penyakit maag dianjurkan untuk meminum teh cascara terlebih dahulu sebelum minum kopi.

(2) Mencegah penyakit kanker

Cascara atau kulit kopi mengandung antioksidan yang dapat meminimalisir pengaruh buruk radikal bebas yang bisa mengancam kesehatan ataupun menyebabkan penyakit berbahaya seperti kanker.

(3) Mengencangkan kulit

Cascara kaya akan manfaat vitamin C dan E yang bermanfaat untuk kesehatan kulit Sobat Tania.

(4) Mencegah penyakit jantung

Radikal bebas dapat merusak sel-sel dalam tubuh kita, yang kemudian dapat menyebabkan penyakit berbahaya seperti meningkatkan kadar LDL (Low Density Lipoprotein)/kolesterol jahat. Peningkatan kadar kolesterol dapat menyebabkan penimbunan pada dinding pembuluh darah yang berujung kepada penyakit jantung. Dengan mengonsumsi teh cascara yang mengandung antioksidan, Sobat Tania dapat mengurangi kadar LDL tersebut.

(5) Mencegah penuaan dini

Manfaat antioksidan pada cascara, selain dapat menjaga daya tahan tubuh, juga dapat mengurangi tanda-tanda penuaan dini, meminimalisir keriput dan garis halus, dan melindungi kulit dari pengaruh buruk sinar ultraviolet.

(6) Menambah energi

Meminum segelas cascara hangat akan membantu mengembalikan energi yang dibutuhkan. Cascara dapat menjadi alternatif bagi Sobat Tania yang ingin meminum kopi namun takut kesulitan tidur. Untuk dapat mengetahui cara budidaya kopi yang tepat, Sobat Tania bisa menggunakan fitur Budidaya di Aplikasi Dokter Tania. Dengan fitur ini Sobat Tania bisa mengetahui cara budidaya kopi yang benar sehingga menghasilkan biji kopi yang berkualitas.

Ingin tingkatkan panen? Download aplikasi Dokter Tania sekarang
Lihat Referensi