article-image

Sumber Gambar: SuzanaMarinkovic in Getty Images Pro

Baca Juga

Akhir-akhir ini, bisnis di bidang pertanian semakin banyak dilirik orang, seperti bisnis tanaman hias, budidaya sayuran dengan hidroponik, budidaya herba, atau budidaya jenis tanaman lainnya. Apabila dijalankan dengan baik, bisnis di bidang budidaya tanaman memang cukup menguntungkan. Namun, bagaimana jika tidak memiliki lahan untuk digarap? Berikut beberapa ide bisnis lain di bidang pertanian, yang dapat Sobat Tania lakukan.

1. Menjual Alat Pertanian Dan Kebutuhan Pertanian Lain

Meningkatnya jumlah orang yang bertani atau berkebun tentu akan sejalan dengan peningkatan permintaan akan alat pertanian dan kebutuhan bertani lain. Sobat Tania dapat menjual pupuk, obat, benih serta alat-alat seperti cangkul, sabit, parang, dan lain-lain. Penjualan tidak harus offline di toko, tetapi dapat dilakukan secara online sehingga bisa lebih menjangkau pelanggan di tempat yang jauh. Selain itu, sistem penjualan dropshipper dapat dicoba sehingga Sobat Tania tidak perlu menyetok barang dan tidak memerlukan banyak modal di awal.

2. Menjual Pot-Pot Cantik

Jika Sobat Tania senang melakukan kerajinan tangan dan menyukai bidang kreativitas, bisnis ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Sobat Tania bisa melukis/ menghiasi pot untuk meningkatkan harga jualnya. Meningkatnya tren dekorasi ruangan dengan tanaman tentunya akan berimbas kepada peningkatan minat terhadap pot cantik.

3. Konsultan Pertanian

Sobat Tania berlatar belakang pendidikan pertanian? Atau punya segudang pengalaman di bidang pertanian? Sobat dapat menjadi konsultan pertanian!. Konsultan pertanian merupakan seseorang yang memberikan konsultasi di bidang pertanian, misalnya konsultasi terkait budidaya, pemupukan, pemeliharaan, dan lain-lain. Bisnis ini tidak memerlukan banyak sumber daya karena menitikberatkan kepada pengetahuan dan pengalaman yang Sobat miliki.

4. Blogger atau Penulis di Bidang Pertanian

Pengguna internet semakin meningkat setiap tahunnya dan banyak orang aktif mencari informasi di internet. Sobat Tania bisa mencoba bisnis yang berhubungan dengan penggunaan internet ini, yaitu menjadi seorang blogger atau penulis.

Sobat bisa menulis artikel di blog atau website lain tentang hal-hal yang berhubungan dengan pertanian, misalnya cara budidaya porang, cara pemupukan yang tepat, dan lain-lain. Setelah blog pertanian yang Sobat Tania buat banyak dikunjungi orang, maka Sobat dapat memperoleh uang dari monetisasi pemasangan iklan pada halaman blog. Baik iklan mandiri, iklan produk pertanian, alat pertanian, publisher, dan sebagainya.

5. Menjual Pupuk Organik

Pupuk organik merupakan pupuk yang terbuat dari bahan-bahan organik, seperti daun-daun kering, rumput, sampah dapur, dan lain-lain. Selain menyediakan nutrisi yang dibutuhkan oleh tanaman, pupuk organik juga sangat baik untuk memperbaiki kualitas tanah sehingga dibutuhkan oleh para petani.

Pembuatannya pun terbilang mudah, dapat dilakukan sendiri di rumah dengan memanfaatkan sampah dapur, daun gugur, rerumputan, dan bahan organik lainnya. Dengan bisnis pupuk organik, selain mendapat keuntungan rupiah, Sobat Tania juga berperan aktif dalam mengurangi volume limbah sampah organik.

6. Menjual Produk Sehat dari Hasil Pertanian

Dewasa ini, kesadaran masyarakat akan kesehatan semakin meningkat. Akibatnya banyak orang beralih kepada makanan sehat yang organik, tidak mengandung penyedap rasa, dan tidak terlalu banyak mengandung gula dan garam. Tren ini dapat menjadi peluang bisnis bagi Sobat Tania, antara lain membuat snack sayuran, membuat teh dari bunga telang, membuat camilan dari buah yang dikeringkan, dan masih banyak lagi. Produk yang dinilai sehat dan organik biasanya memiliki harga jual yang cukup tinggi sehingga bisa menaikkan margin keuntungan. Itulah beberapa alternatif ide bisnis di bidang pertanian tanpa harus melakukan budidaya tanaman. Apa pun ide bisnis yang Sobat Tania akan coba lakukan, yang paling penting adalah ‘memulai’. Hati-hati jangan sampai terlalu lama memikirkan ide bisnis yang ingin dilakukan hingga akhirnya tidak maju sama sekali. Lalu apabila Sobat Tania memerlukan bantuan ahli di bidang pertanian, Sobat dapat menggunakan fitur Tanya Ahli di Aplikasi Dokter Tania. Semoga bisnismu berhasil dan lancar!

Ingin tingkatkan panen? Download aplikasi Dokter Tania sekarang
Lihat Referensi