article-image

Sumber Gambar: markus-winkler-on-unsplash

Topik: Info Tania

Judul: Tanaman Yang Cocok Ditanam Selama Musim Hujan

Keywords: cocok, musim hujan, komoditas, tanaman.

Sejak bulan Oktober, beberapa kawasan di Indonesia sudah memasuki musim hujan. Bagi pare petani, musim ini memiliki tantangan tersendiri karena dibalik melimpahnya sumber daya air yang sangat dibutuhkan untuk bertani, terdapat beberapa kendala khas seperti hama dan penyakit tanaman yang berpotensi mengakibatkan kegagalan panen. Selain itu, pemilihan tanaman yang cocok ditanam di musim hujan juga sangat mempengaruhi keberhasilan petani karena sebagian tanaman ada yang memiliki kebutuhan air yang tinggi dan sebaliknya serta membutuhkan kelembaban yang tinggi. Berikut ini terdapat beberapa jenis tanaman yang akan tumbuh dengan subur bila ditanam pada musim hujan.

Baca juga: 3 Bahan Pangan dengan Permintaan Terbesar jika kamu ingin turut serta mencukupinya

  1. Bayam Bayam atau tanaman yang memiliki nama latin Amaranthus sp. adalah tanaman yang biasa ditanam untuk dimanfaatkan daunnya sebagai bahan sayuran hijau. Waktu terbaik untuk menanam tanaman ini adalah di awal musim hujan. Selain itu, tanaman yang dikenal karena zat besinya ini memiliki peranan penting bagi tubuh. Kandungan zat besi pada bayam relatif lebih tinggi daripada sayuran daun lainnya. Pertama, semai bibit di media campuran tanah dan pupuk 1:1 selama kurang lebih 2 minggu. Lalu pindah tanam ke lahan yang tersedia dan berikan pupuk secukupnya. Bayam sudah bisa dipanen apabila tinggi tanaman telah mencapai 20 cm atau mencapai usia 6 minggu

Baca juga: Cara Menanam Bayam #dirumahaja agar menanam menjadi lebih mudah.

  1. Kangkung Kangkung atau Ipomoea Aquatic Forsk adalah tanaman yang dapat ditemui di kawasan Asia terutama di kawasan yang terdapat banyak air. Kangkung dapat hidup di dataran rendah dengan kelembaban yang cukup tinggi sehingga kangkung dapat bertahan hidup dan tumbuh saat musim penghujan tiba. Tanaman ini dapat tumbuh optimal pada suhu 25-36°C dengan rentang pH tanah 6-7. Hampir seluruh bagian kangkung dapat diolah menjadi beragam masakan, salah satu yang paling terkenal adalah cah kangkung atau dijadikan bahan dalam pecel.

Baca juga : Cara Budidaya Kangkung untuk mengetahui secara lebih lengkap.

  1. Selada Selada yang memiliki nama latin Lactuca sativa merupakan sayuran yang digemari petani saat musim hujan tiba. Suhu optimal untuk tanaman ini dapat tumbuh dengan baik berkisar antara 15-20°C dengan pH tanah dalam rentang 5-6,5. Selada merupakan tanaman yang bisa tumbuh subur saat musim hujan. Beberapa jenis selada yang sering dijumpai antara lain, selada bokor, romaine, selada keriting hijau, dan butterhead lettuce yang banyak dimanfaatkan dalam pembuatan salad.

Baca juga: .Tanaman Sehat dengan Kapur Sirih agar tanaman kamu bisa tumbuh lebih optimal

    1. Sawi Selain bayam, sawi juga merupakan tanaman hijau yang baik ditanam saat musim hujan. Tanaman sawi memiliki beragam spesies yang dapat dibudidayakan untuk dikonsumsi, antara lain sawi putih (jabung), sawi hijau (asin), sawi huma, sawi caisim, dan sawi keriting. Salah satu jenis sawi yang cocok untuk ditanam di musim penghujan adalah sawi putih di mana sawi putih memiliki kekuatan sehingga tidak mudah layu ketika terkena rintikkan air hujan secara terus menerus. Tanaman sawi optimal tumbuh pada media tanah lempung sampai lempung berpasir, gembur, dan mengandung bahan organic, pH 6 – 6,8, ketinggian tempat 600 – 1500 mdpl, dan lokasi langsung terpapar cahaya matahari serta memiliki sistem drainase yang lancar.

Baca juga: Budidaya Sawi di Pekarangan Rumah untuk bisa menikmati hasil panenmu sendiri sekarang juga

Terong Dibandingkan dengan tanaman sebelumnya, terong merupakan tanaman penghasil buah yang cocok untuk di tanam di musim hujan karena kebutuhan airnya yang cukup tinggi. Suhu optimal untuk tanaman ini dapat tumbuh dengan baik berkisar antara 22-30°C dengan pH tanah dalam rentang 6,5-7. Akan tetapi, terong ungu cenderung rentan terserang penyakit tanaman di musim penghujan yang hampir semuanya disebabkan oleh jamur dan bakter dan dipicu oleh genangan air. Oleh karena itu, pemilihan bibit terong yang unggul serta persiapan lahan yang baik sebelum menanam sangat penting untuk dilakukan agar meminimalisir dampak serangan penyakit. Secara umum, tanaman yang ditanam pada musim kemarau rentan terserang penyakit yang disebabkan oleh bakteri, virus, dan jamur. Tidak terkecuali pada tanaman yang telah disebutkan diatas. Selain itu, cukup sulit untuk mengetahui perubahan cuaca dengan akurat dan cepat. Aplikasi Dokter Tania mampu menyediakan data prakiraan cuaca yang cukup akurat serta dilengkapi dengan fitur radar penyakit sehingga pengguna dapat mengetahui daerah terdekatnya yang telah terserang oleh penyakit tertentu dan pencegahan dapat dilakukan lebih dini.

Sumber: https://8villages.com/full/petani/article/id/5beb95ae5a1f267709faa5cb https://www.goodnewsfromindonesia.id/2020/03/18/tanaman-yang-cocok-ditanam-pada-musim-penghujan https://rumahbudidaya.co.id/jenis-tanaman-yang-cocok-saat-musim-hujan/

Ingin tingkatkan panen? Download aplikasi Dokter Tania sekarang