article-image

Sumber Gambar: Connerscott1 from Getty Images Pro

Baca Juga

Sayuran merupakan jenis bahan makanan yang banyak dikonsumsi masyarakat dunia. Sayuran terkenal akan manfaatnya yang baik bagi kesehatan tubuh. Banyaknya jenis sayuran di dunia memungkinkan kita memiliki pilihan akan jenis sayur apa yang bisa kita konsumsi. Terlebih lagi, saat ini banyak jenis sayuran unik yang bermunculan. Banyaknya jenis sayuran unik yang muncul saat ini dihasilkan dari proses kawin silang. Dengan adanya proses persilangan antar dua jenis sayur, maka akan muncul satu jenis sayuran dengan bentuk yang unik. Kira-kira, jenis sayuran unik apa saja ya yang dihasilkan dari kawin silang? Yuk kita simak bersama pembahasan berikut ini.

Brokali

Brokali adalah sayuran yang merupakan hasil dari kawin silang antara brokoli dengan kale. Bentuknya hampir sama seperti brokoli pada umumnya. Tinggi batang brokali rata-rata mencapai 20-25 cm. Brokali merupakan sayuran yang tersedia hampir sepanjang tahun. Namun, ia tumbuh dengan baik pada musim gugur dan musim semi. Saat ini, brokali sedang rutin menjadi permintaan pasar sehingga produksinya terus meningkat. Brokali merupakan sumber vitamin C, K, dan B-kompleks yang sangat baik. Brokali juga mengandung serat, kalsium, zat besi, dan juga protein yang baik bagi kesehatan tubuh. Brokali termasuk anggota dari genus Brassica yang terkenal akan sifatnya yang mampu menangkal penyakit kanker dan jantung.

Broccolini

Broccolini masih satu ‘sepupu’ dengan brokali. Sayuran yang satu ini merupakan hasil dari perkawinan silang antara brokoli dengan brokoli Cina di Jepang. Broccolini memiliki bentuk yang hampir sama seperti brokoli hanya saja bentuknya lebih kecil. Keduanya juga memiliki rasa yang hampir sama namun broccolini memiliki rasa yang lebih manis hampir seperti asparagus. Kandungan serat, vitamin A, dan C yang dimilikinya juga tinggi.

Broccoflower

Broccoflower merupakan sayuran hasil kawin silang dari brokoli dan kembang kol. Broccoflower memiliki warna kembang hijau cerah layaknya brokoli. Selain itu ia juga memiliki rasa yang lebih manis dibandingkan brokoli dan kembang kol. Broccoflower dapat tumbuh dengan baik pada lingkungan dengan cuaca yang dingin. Untuk membudidayakan broccoflower, kita harus memiliki sistem irigasi yang baik untuk memunculkan tunas mudanya. Broccoflower merupakan sumber vitamin B, C dan asam folat terbaik yang tentunya bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Cucamelon

Cucamelon adalah buah dengan bentuk kecil menyerupai anggur yang memiliki rasa seperti mentimun dengan sedikit rasa asam. Cucamelon memiliki bentuk yang menyerupai semangka. Ia merupakan hasil perkawinan silang antara timun dan semangka. Nama lain cucamelon adalah mouse melon. Cucamelon memiliki kandungan vitamin dan serat yang tinggi sehingga baik untuk dikonsumsi serta baik untuk kesehatan tubuh. Itulah beberapa jenis sayuran dan buah unik hasil kawin silang yang perlu Sobat Tania ketahui. Sedang di rumah saja dan ingin budidaya tanaman? Jangan bingung lagi. Manfaatkanlah fitur ‘Budidaya’ yang dilengkapi dengan katalog panduan menanam tanaman pada Aplikasi Dokter Tania. Semoga bermanfaat!

Ingin tingkatkan panen? Download aplikasi Dokter Tania sekarang
Lihat Referensi