article-image

Sumber Gambar: FAO

Baca Juga

Pestisida kerap kali digunakan petani untuk membasmi hama sehingga produktivitas tanaman tidak terganggu. Namun, pestisida tersebut dapat meninggalkan residu yang terbawa hingga ke konsumen. Senyawa-senyawa kimia yang terkandung dalam pestisida kerap kali masih menempel pada kulit buah ataupun sayuran. Hal ini dapat membahayakan kesehatan manusia. Risiko yang ditimbulkan akibat konsumsi residu pestisida diantaranya adalah keracunan pada saluran pernapasan. Selain itu, residu pestisida juga dapat mengganggu saluran cerna hingga dapat menimbulkan kematian. Efek samping yang ditimbulkan dari konsumsi pestisida tersebut biasanya terakumulasi dalam jangka panjang sehingga dapat menyebabkan kerusakan ginjal dan kanker. Residu pestisida dapat masuk ke dalam tubuh manusia melalui makanan. Maka dari itu, beberapa tips berikut dapat dilakukan sebelum mengkonsumsi buah dan sayur agar terhindar dari keracunan pestisida.

Blanching

Blanching merupakan proses pencelupan sayuran dalam air mendidih atau panas. Proses tersebut dilakukan hanya beberapa saat. Setelah dicelupkan di air panas, buah dan sayur kemudian langsung dimasukkan dalam air dingin. Blanching dapat menurunkan tingkat residu pestisida hingga 50%. Proses ini juga dapat menghancurkan enzim, mengubah tekstur, dan memperkuat warna sayur atau buah.

Merendam dalam Air Garam

Air garam ampuh untuk membersihkan kotoran-kotoran yang menempel pada buah dan sayur, termasuk residu pestisida. Selain menghilangkan residu pestisida, air garam juga dapat membunuh bakteri yang menempel pada permukaan sayur dan buah. Konsentrasi air garam yang dapat digunakan adalah 10%.

Menggosok dengan Air

Mencuci buah dan sayur hanya dengan mengalirkan air tidak secara utuh menghilangkan pestisida. Maka dari itu, gosoklah buah dan sayur dengan sikat lembut sambil mengalirkan air. Setelah itu, bilas kembali dengan air bersih untuk menghilangkan residu pestisida dan kotoran lainnya.

Menggunakan Soda Kue

Selain air garam, larutan soda kue juga dapat menghilangkan residu pestisida pada buah dan sayur. Larutkan soda kue dalam air (1:100) untuk mencuci bersih sayur dan buah yang akan dikonsumsi. Hal ini lebih efektif dibandingkan dengan mencuci buah dan sayur dengan air kran biasa.

Mengupas Kulit Buah dan Sayur

Bagian luar buah dan sayur merupakan tempat yang paling banyak terpapar residu pestisida. Maka dari itu, mengupas kulit buah atau bagian sayur paling luar merupakan cara yang efektif untuk menghindari keracunan pestisida.

Membilas dengan Air Ozonated

Metode ini cukup mahal untuk diterapkan. Hal ini karena perlu menambahkan oksigen pada air yang digunakan untuk mencuci buah dan sayur. Air jenis tersebut dinamakan air ozon. Meskipun mahal, cara ini dinilai efektif untuk menghilangkan residu pestisida. Setelah membaca artikel ini, Sobat Tania sudah tau cara menghilangkan residu pestisida pada buah dan sayur. Jadi, jangan lagi mengonsumsi buah dan sayur secara langsung yaa agar tidak keracunan pestisida. Untuk lebih amannya lagi, Sobat Tania dapat membudidayakan sayur dan buah sendiri untuk dikonsumsi. Simak pandanduan budidayanya di Aplikasi Dokter Tania, ya!

Ingin tingkatkan panen? Download aplikasi Dokter Tania sekarang