article-image

Sumber Gambar: Amenic181 from Getty Images Pro

Baca Juga

Tunas

Bagian tanaman yang baru tumbuh dari kuncup disebut dengan tunas. Sebagian besar tunas terbentuk di ujung batang atau di pangkal daun. Sebagian lagi dapat berkembang menjadi bunga. Fungsi utama tunas adalah untuk perbanyakan tumbuhan (perkembangbiakan). Berdasarkan lokasinya, terdapat jenis tunas terminal ( diapit oleh bakal daun (primodium) yang terletak di ujung batang untuk pertumbuhan ke atas) dan tunas adventif (keluar dari tempat yang bukan biasanya (tunas abnormal), contoh tunas akar pada umbi-umbian). Sementara itu, berdasarkan fungsinya, terdapat jenis tunas vegetatif (berfungsi dalam perkembangbiakan tanpa proses penyerbukan) dan tunas reproduktif (berfungsi dalam perkembangbiakan tumbuhan baru dengan proses penyerbukan).

Tanaman Perangkap

Refugia merupakan istilah untuk tanaman perangkap, yaitu tanaman yang menjadi habitat alami hama. Tanaman ini menyediakan tempat perlindungan, sumber pakan, dan sumber daya lainnya bagi oraganisme-organisme pengganggu tanaman. Refugia akan menarik hama sehingga tidak mendekati tanaman produksi. Maka dari itu, tanaman produksi akan terhindar dari hama dan produktivitasnya tidak menurun. Contoh dari tanaman perangkap adalah bunga kertas (Zinnia sp.), bunga kenikir (Cosmos caudatus), dan bunga matahari (Heliatus annuus L.).

Tumpang Sari

Salah satu cara untuk dapat menjaga ekosistem area budidaya adalah dengan menerapkan sistem tumpang sari. Tumpang sari merupakan sistem budidaya dengan melibatkan lebih dari satu jenis tanaman. Dengan menerapkan tumpang sari, maka biodiversitas area budidaya akan semakin tinggi sehingga ekosistem dapat berjalan dengan lebih seimbang. Ekosistem yang baik akan meningkatkan produktivitas tanaman

Toksin

Toksin merupakan senyawa beracun yang diproduksi oleh makhluk hidup seperti bakteri, jamur, serangga, dan tumbuhan. Fungsi dari toksin bagi makhluk hidup penghasilnya adalah untuk perlindungan diri dari musuh. Misalnya tumbuhan akan mengeluarkan toksin ketika terdapat serangan dari hama untuk dapat tetap bertahan hidup.

Transpirasi

Ketika terik di siang hari tanaman biasanya akan cepat kehilangan air. Hal ini disebabkan oleh proses transpirasi, yaitu pergerakan air dari akar tanaman melalui pori-pori daun, batang, atau bunga yang kemudian menguap ke atmosfer. Air dari tanah akan masuk ke dalam akar lalu menuju batang, daun, dan bunga. Hingga di permukaan organ-organ tersebut, air kemudian keluar dan menguap di atmosfer. Proses transpirasi ini dipengaruhi oleh suhu, kelembaban, dan tekanan udara. Demikian tambahan istilah-istilah dalam pertanian yang dapat meningkatkan pengetahuan Sobat Tania. Untuk mengetahui hal-hal lain terkait pertanian, Sobat Tania dapat memanfaatkan fitur “Tanya” yang ada di Aplikasi Dokter Tania.

Ingin tingkatkan panen? Download aplikasi Dokter Tania sekarang
Lihat Referensi