article-image

Sumber Gambar: https://unsplash.com/photos/MwdADCWCkXc

Baca Juga

Curah hujan yang tinggi atau curah hujan ekstrim akan sangat berdampak bagi pertumbuhan tanaman. Apa saja dampak curah hujan tinggi atau curah hujan ekstrim bagi tanaman dan bidang pertanian? Mari kita simak bersama pembahasannya. Selamat membaca Sobat Tania!

Dampak Negatif Dari Curah Hujan Tinggi

Dampak negatif yang ditimbulkan dari curah hujan tinggi atau curah hujan ekstrim bagi tanaman dan bidang pertanian yaitu,

(1) otensi kerusakan tanaman akibat terendam banjir karena curah hujan tinggi. Tanaman yang terendam banjir akan rusak karena akan mengurangi suplai oksigen dan karbondioksida sehingga mengganggu proses fotosintesis dan respirasi serta berpotensi menyebabkan tanaman menjadi busuk

(2) Lahan pertanian di wilayah pesisir potensial terdampak banjir.

(3) Adanya peningkatan kelembaban udara yang berpotensi memunculkan penyakit tanaman yang meningkatkan resiko gagal panen. Musim penghujan dengan curah hujan ekstrim disebabkan karena kelebihan air, di mana curah hujan tinggi tentunya akan menyebabkan kelembaban udara yang tinggi dan kondisi ini sangat mendukung populasi hama meningkat dan tingkat keparahan penyakit menjadi lebih tinggi. Musim hujan dengan curah hujan ekstrim seringkali menyulitkan petani karena Organisme Pengganggu Tanaman (OPT) berkembang lebih banyak sehingga memperparah kerusakan tanaman.

Program skala nasional yang dilakukan oleh pemerintah untuk menanggulangi dampak negatif dari curah hujan tinggi atau curah hujan ekstrim ini antara lain penggunaan teknologi biopori, pemanfaatan pompa air pada lokasi terdampak banjir, normalisasi saluran air, sarana pengaliran penampung air, dan asuransi usaha tani padi untuk antisipasi kerugian pada lahan terdampak banjir.

Dampak Positif Dari Curah Hujan Tinggi

Sedangkan dampak positif dari tingginya curah hujan adalah,

(1) Ketersediaan air cukup dari curah hujan yang tinggi yang memungkinkan perluasan tanam terutama untuk komoditas padi baik di lahan sawah irigasi, tadah hujan, maupun ladang.

(2) Lahan pesisir yang biasa memiliki tingkat salinitas tinggi akan berkurang karena curah hujan tinggi, sehingga gangguan kadar keasinan dapat terhindarkan.

Untuk dapat mengetahui prediksi dan kondisi cuaca di tempat dimana Sobat Tania berada, Sobat Tani bisa menggunakan fitur Prakiraan Cuaca di Aplikasi Dokter Tania. Dengan fitur ini kondisi cuaca di tempat Sobat Tania berada akan terpantau secara real time dan akurat serta mudah untuk diakses.

Ingin tingkatkan panen? Download aplikasi Dokter Tania sekarang
Lihat Referensi