article-image

Sumber Gambar: Christian N. from Getty Images

Baca Juga

Menyerbaknya pandemi COVID-19 membuat banyak orang mencari alternatif bidang usaha. Pertanian rupanya merupakan salah satu bidang usaha yang potensial di tengah pandemi ini. Terutama untuk usaha pertanian yang dapat dilakukan dari rumah saja. Yuk kita simak bersama beberapa usaha di bidang pertanian apa saja yang menjanjikan di tengah pandemi.

Usaha Tanaman Hias

Tanaman hias banyak digemari oleh masyarakat luas karena selain dapat digunakan sebagai dekorasi rumah, rupanya tanaman ini juga bermanfaat untuk menurunkan tingkat stress. Beberapa jenis tanaman hias yang banyak dicari orang antara lain gelombang cinta, monstera, kaktus, dan sukulen. Apabila ingin memulai usaha tanaman hias, sebaiknya fokus pada satu atau dua jenis varian tanaman hias agar memberikan hasil yang maksimal.

Menjual Bibit Tanaman

Menjual bibit tanaman merupakan salah satu usaha pertanian yang menjanjikan. Beberapa jenis tanaman yang banyak digemari antara lain bibit sayur dan buah seperti kangkung, bayam, tomat, wortel, semangka, dan jambu. Umumnya bibit tanaman dijual dalam bentuk kemasan kecil berisi benih. Usaha ini juga dapat dilakukan secara online dengan cara menjual lewat toko online atau marketplace.

Usaha Tanaman Hidroponik

Salah satu peluang usaha pertanian yang menjanjikan lainnya adalah usaha tanaman hidroponik. Usaha ini sangat berpotensi terutama di daerah kota yang minim lahan untuk bercocok tanam. Sistem hidroponik sederhana dapat memanfaatkan barang-barang bekas seperti botol minum, gelas maupun toples plastik. Saat ini sudah banyak pula yang menawarkan paket usaha hidroponik yang lengkap dengan panduan penggunaannya. Nah Sobat Tania, sekian penjelasan mengenai beberapa usaha di bidang pertanian yang menjanjikan. Untuk Sobat Tania yang berminat untuk terjun dalam usaha di bidang pertanian, dengan Aplikasi Dokter Tania yang menyediakan berbagai macam informasi seputar pertanian, Sobat Tania dapat mendapatkan ilmu untuk memulai usaha kalian. Selamat mencoba ya!

Ingin tingkatkan panen? Download aplikasi Dokter Tania sekarang